Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona untuk Majukan Wisata di Kendal

0
1107

Dinas Kepemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kab Kendal mengadakan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di wisata Curugsewu Patean Kamis (9/3/2017)  yang diikuti 19 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Kab Kendal. Aksi ini dengan melakukan bersih-bersih dan memasang tempat pembuangan sampah di area wisata Curugsewu.

Kabid Pariwisata pada Disporapar Kendal, Edy Mardi Susilo mengatakan, gerakan ini untuk membangkitkan agar Pokdarwis selalu menerapkan Sapta Pesona dalam mengelola objek wisata, sebagai upaya untuk menarik pengunjung wisata. Sapta Pesona yang dimaksud yaitu objek wisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. “Jika objek wisatanya bagus dan menyenangkan, maka para pengunjung yang datang akan betah atau krasan, sehingga meninggalkan kesan untuk datang lagi,”katanya.

Terkait dengan pengelolaan objek wisata, menurut Mardi, harus melibatkan berbagai pihak, seperti pokdarwis, desa, kecamatan dan masyarakat. Objek wisata akan maju jika semuanya bersama-sama bergerak atau aktif ikut memajukan wisata. Peran pemerintah lebih kepada pembinaan, sedangkan pengelola atau pokdarwis dan masyarakatlah yang berperan aktif. Misalnya, masyarakat digerakkan untuk memunculkan produk UMKM atau menyediakan homestay, sehingga keberadaan objek wisata tersebut bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar. “Keterlibatan masyarakat ini sangat penting untuk memajukan tempat wisata,”ujarnya.

Sementara itu anggota DPRD Kendal, Budi Santosa mengatakan, tempat wisata harus dibuat tampak indah, terutama di bagian muka, sehingga akan menjadi daya tarik untuk datang ke tempat wisata tersebut. Untuk itu, Budi berharap, agar segera dibangun gapura-gapura yang bagus di semua tempat-tempat wisata. Selain itu, akses jalan menuju tempat wisata juga harus diperbaiki dan dipelihara dengan baik. “Makanya, gapura sebagai pintu masuk tempat wisata agar segera dibangun sebagus mungkin,”katanya.