Group Singo Barong Desa Purwokerto Tampil lagi

Group Singo Barong Desa Purwokerto Tampil lagi

0
83

Swarakendal.com : Group Seni Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho (BNM) Desa Purwokerto Kecamatan Patebon Kendal memanfaatkan momen 1 Syuro untuk launching atau pentas perdana. Group kesenian tradisional yang beranggotakan 50 orang ini pentas di Lapangan Desa Purwokerto, Sabtu (30/7/2022). 

Solikin, pembina group mengatakan, group Singo Barong ini lebih banyak merekrut anak-anak muda, mulai dari SD dan SMP, karena tujuannya untuk melestarikan budaya tradisional. Group Singo Barong menyajikan permainan tari barong, jaran kepang, burok, dan dawangan. Moment 1 Syuro yang bersamaan dengan acara Sedekah Bumi ini untuk bangkit kembali, setelah beberapa tahun vakum, karena keterbatasan peralatan. Dengan support dari pihak desa, Grup Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho bisa tampil di acara Sedekah Bumi desa setempat. “Kami munculkan lagi group yang lama, yang tujuan ke depan untuk mengarahkan generasi muda, terutama anak-anak SD sama SMP, ” katanya. 

Munaroh, selaku ketua penyelenggara, yang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat mendukung dengan bangkitnya Group Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho, karena untuk melestarikan budaya Jawa. Apalagi sebagian besar anggotanya anak-anak muda, sehingga kesenian tradisional akan tetap lestari. “Ini kan salah satu budaya yang ada di Indonesia, tentunya karena para pemainnya juga dari anak-anak, maka ke depannya supaya kebudayaan jangan sampai hilang,” harapnya. 

Muhammad Setiawan (13), yang masih duduk di SMP mengaku senang dengan kesenian tradisional seperti barongan dan kuda lumping. Dia mengaku sudah ikut group kesenian barongan sejak masih SD. “Saya ikut grup sejak SD, karena sudah hobi,” ujarnya.