Guru bersama Murid TK-KB dan SD Universal Ananda Purin Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumajati Kendal

Guru bersama murid TK-KB dan SD Universal Ananda Purin ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumajati Kendal

0
2464
Memperingati Hari Pahlawan,  para guru Sekolah KB-TK Ananda dan SD Universal Ananda Purin Kendal mengajak muridnya berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumajati, Bugangin, Kota Kendal. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajarkan anak mengenal pahlawan sejak dini. Tidak hanya berziarah, anak-anak dikenalkan makna kepahlawanan dan tokoh-tokoh pahlawan nasional. Nampak, anak-anak usia KB dan TK bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingg ditutup dengan tabur bunga dan doa bersama.

 
Kepala Sekolah KB-TK Ananda Kendal, Agustina Kusharjanti mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional 2017. Pihak sekolah sengaja mengajak para siswanya ke TMP Kusumajati, untuk memperkenalkan para pahlawan yang namanya diabadikan di makam setempat. Pihak sekolah juga mengundang TNI dari Koramil Patebon untuk memberikan pengetahuan siswa tentang cinta tanah air dan bela negara. Selain itu memberikan contoh-contoh hal kecil sikap kepahlawanan pada anak.
 
“Tujuannya agar anak termotivasi, sehingga kelak dewasa bisa menjadi generasi yang tidak hanya cerdas dan pandai, tapi memiliki jiwa cinta tanah air, selalu siap untuk membela dan membangun negeri ini,” tandasnya.
 
Selain itu, ziarah dan tabur bunga ke seluruh makam menurutnya juga untuk menumbuhkan rasa kepekaan sosial dan spiritualisme pada anak. Sebab dengan mendoakan arwah pahlawan, maka bisa membangun jiwa spiritual anak untuk dekat dengan Tuhannya dan membangun rasa cinta kasih untuk mendoakan mereka yang telah berjasa bagi bangsa.
 
Kepala SD Universal Ananda, Buidi Wahyono menambahkan kegiatan ini juga untuk mengingatkan anak untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia. Sehingga tidak padam api semangatnya untuk mempertahankan dan membangun NKRI. “Seperti Bung Karno bilang, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarahnya,” tegasnya.
 
Diakuinya, kegiatan ziarah ke makam pahlawan ini rutin dilakukan setiap tahun pada November untuk menyambut Hari Pahlawan Nasional. “Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa dan guru di SD Universal Ananda dan KB-TK Ananda,” tuturnya.
 
Salah seorang siswa TK Ananda, Falasifa Wahyuning Pambudi mengaku senang dengan kegiatan belajar di TMP Kusumajati. “Jadi kenal nama-nama pahlawan, besok kalau sudah besar saya juga ingin jadi pahwalan seperti mereka,” katanya polos.