Harga Cabe dan Bawang Merah di Kendal Naik Terus

Harga Cabe dan Bawang Merah di Kendal Naik Terus

0
68

Swarakendal.com : Harga sejumlah komoditas di Pasar Tradisional Kendal terus merangkak naik. Komoditas yang harganya melambung tinggi di antaranya cabe dan bawang merah.

Saat ini harga cabe rawit merah sudah tembus Rp 80 per kilogram. Sebelumnya di bawah 40 ribu dan terus merangkak naik secara berkala hingga mencapai Rp 80 per kilogram. Demikian pula harga cabe keriting dari semula Rp 50 ribu naik menjadi 75 ribu per kilogram. Cabe rawit hijau dari 35 ribu naik menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Harga bawang merah yang semula 20 ribu, sekarang mencapai Rp 55 ribu per kilogram. 

Lina, penjual sembako di Pasar Tradisional Kendal mengatakan, akibat mahalnya harga cabe dan bawang merah, omset penjualannya menurun hingga 50 persen. Kenaikan harga ini sudah sejak dua pekan lalu. 

“Yang naiknya banyak itu cabe sama bawang merah. Bawang merah naiknya banyak, tadinya sekilo 25 ribu, sekarang 55 ribu,” katanya, Minggu (19/6/2022).

Penjual lainnya, Nur juga mengaku, jika omset penjualannya menurun tajam. Hal ini lantaran, para pelanggan mengurangi pembelinya, yang biasanya membeli 1 kilogram, sekarang hanya membeli separuh, bahkan hanya seperempat atau 10 ons saja. “Belinya ya jadi berkurang, yang biasanya beli satu kilogram, sekarang belinya seperempat atau satu ons,” ujarnya.

Komoditas lainnya yang naik harga cukup tinggi di antaranya telur ayam ras, dari 23 ribu naik menjadi Rp 28 ribu per kilogram.