Harga LPG 3 Kg di Kendal Naik

Harga LPG 3 kg di Kendal naik

0
2543

Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2018, harga gas LPG 3 kilogram atau gas melon di Kendal mengalami kenaikan. Biasanya harga LPG melon di perkampungan rata-rata Rp 19 ribu, tapi saat ini mencapai Rp 20 ribu, bahkan ada yang menjual dengan harga Rp 22 ribu.

“Saya beli LPG 3 kilo harganya Rp 20 ribu, padahal kemarin-kemarin hanya Rp 19 ribu,”kata Pipit, warga Kebondalem Kendal.
Kenaikan harga gas melon ini bukan karena stok langka. Pasalnya pihak Dinas Perdagangan Kendal menyatakan sudah menambah stok sebanyak 5.040 tabung. Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan Kendal, Purwantari mengatakan stok gas LPG 3 kilogram di Kendal aman alias tidak mengalami kelangkaan, bahkan stoknya bertambah. Apalagi dengan adanya LPG 5 kilogram atau LPG warna pink, seharusnya stok gas melon berlebihan. “Sebagian masyarakat pengguna gas melon sudah beralih ke gas pink ya seharusnya gas melon akan mudah dicari,”ujarnya.
Terkait dengan pengaturan pembelian gas LPG 3 kilogram khusus bagi warga miskin, Purwantari mengatakan, sampai saat ini belum menerima Surat Edaran dari pemerintah pusat. Hanya saja bagi warga mampu harusnya bijaksana agar beralih ke gas LPG 5 kilogram atau tidak lagi menggunakan gas melon. “Untuk memantaunya kan sulit, seharusnya dengan kesadaran sendiri, kalau mampu ya tidak menggunakan gas melon,”imbaunya.