Hari Kedua, Banjir di Kota Kendal belum Surut, Dinsos bersama PMI dan BPBD Kendal Buka Dapur Umum

Hari Kedua, Banjir di Kota Kendal belum Surut, Dinsos bersama PMI dan BPBD Kendal Buka Dapur Umum

0
169

Walaupun secara umum banjir di Kabupaten Kendal semakin surut sejak kemarin malam, namun pada hari kedua kedua banjir pada Minggu (7/2/2021) masih ada beberapa tempat yang justru semakin tinggi. Berdasarkan data dari BPBD Kendal masih ada 4 kecamatan yang masih terkena banjir, yakni di Kecamatan Kendal ada 18 kelurahan, Kecamatan Rowosari ada 2 desa, Kecamatan Kaliwungu ada 1 desa dan Kecamatan Patebon ada 1 desa. Penyebab bertambahnya banjir karena tanggul Kalibuntu di Kota Kendal jebol.

Untuk membantu warga terdampak banjir, Tim Tagana Dinsos Kendal bersama PMI Kendal dan BPBD Kendal mendirikan dapur umum. Ada tiga dapur umum, yaitu di Desa Bulak Rowosari, Depan Masjid Perumahan RSS Kendal dan di Gedung Muhammadiyah Kendal. 

Wakil Koordinator Tagana Dinsos Kendal Saputra mengatakan, pendirian dapur umum sudah dilakukan sejak Sabtu malam. Dapur umum akan terus dibuka sampai air banjir sudah surut. “Banjir di perumahan Kota Kendal karena tanggul Kalibuntu jebol. Tadi pagi BPBD Kendal bersama warga sudah kerja bakti menutup tanggul yang jebol, jika berhasil ya dapur umum hanya sampai malam nanti,” jelasnya.

Perumahan yang masih terkena banjir di Kelurahan Langenharjo Kendal, yakni Perumahan Griya Praja Mukti, Perumahan BTN, Perumahan RSS dan Perumahan Gembyang Asri. Menurut warga Perumahan Griya Praja Mukti, Pamuji Toto, ada 1726 bungkus nasi yang dibagikan untuk warga di kawasan perumahan Kota Kendal. Pembagian nasi bungkus diberikan pada pagi, siang dan malam. “Tidak semua mendapat nasi bungkus, tapi hanya warga yang terdampak banjir,” katanya.

Selain banjir di pemukiman warga, jalur pantura di Kota Kendal juga masih terendam banjir, yaitu mulai dari Pertigaan Kodim Kendal ke arah timur sekitar 500 meter atau sampai Gapura Pasar Kendal. Sedangkan banjir di jalur Pantura Kaliwungu dan Brangsong sudah surut.