Hipmi Kendal Gelar Seminar Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Kendal

Hipmi Kendal Gelar Seminar Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Kendal

0
43

Swarakendal.com : Menyebar virus kewirausahaan di kalangan pelajar, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kendal menggelar Seminar Kewirausahaan dalam program  Hipmi Goes To School di SMA Negeri 1 Kendal, Kamis (4/8/2022). Pesertanya adalah pengurus Osis kelas 10, 11 dan 12. Seminar dibuka oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, sekaligus menjadi narasumber yang menyampaikan materi tentang entrepreneur.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menjelaskan tentang perbedaan antara pengusaha dengan entrepreneur, bahwa entrepreneur dalam menjalankan usahanya tidak sekedar mencari keuntungan, tetapi melakukan inovasi dan kreasi, sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi. Sedangkan pengusaha, hanya menjual barang untuk mencari keuntungan semata, tanpa melakukan inovasi atau kreasi. “Contohnya, pengusaha membeli mangga untuk dijual di pasar, sedangkan enterpreneur membeli mangga untuk dijadikan minuman kemasan yang bagus, sehingga untungnya lebih besar, ” jelasnya. 

Bupati Dico juga mengatakan, bahwa kunci sukses adalah harus jujur, komitmen dan membangun jaringan atau relasi. “Fokuslah pada satu produk usaha, jangan ganti-ganti terus produk usahanya sampai berhasil, ” katanya. 

Ketua Hipmi Kendal, Arifianto mengatakan, program Hipmi Kendal adalah menyebar virus kewirausahaan di kalangan muda,seperti pelajar dan mahasiswa. Untuk itu dalam waktu dekat akan melakukan MoU dengan Dinas Pendidikan Kendal terkait program Hipmi Goes to School. “Hipmi ingin banyak melahirkan pengusaha muda, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan atau berkontribusi terhadap negara dalam mengatasi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, ” tandasnya. 

Kepala SMA negeri 1 Kendal Yuniasih mengatakan, Seminar Kewirausahaan ini untuk membekali siswa agar memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi untuk kemandirian. Para siswa dibimbing langsung oleh pengusaha yang sukses, sehingga mempunyai wawasan kewirausahaan yang luas. “Harapannya agar para siswa mempunyai jiwa kewirausahaan yang mandiri dan mempunyai daya, sehingga mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi, ” harapnya. 

Seminar juga menghadirkan narasumber Ketua BPD Hipmi Jateng, Billy Dahlan pengusaha muda yang sudah sukses yang menyampaikan materi tentang kewirausahaan. Peserta juga diberi pengetahuan wawasan kebangsaan oleh Dandim 0715 Kendal, Letkol Infanteri Misael Marthen  Jenry Polii.