Jalur Weleri-Sukorejo di Desa Pagergunung Diperlebar

1
2153

Akses jalan utama Weleri-Sukorejo yang melintas di sepanjang Desa Pagergunung Kec Pageruyung, sekitar setengah bulan lalu sudah mulai diperbaiki. Perbaikan sekaligus pelebaran jalan dilakukan dengan Rigid Beton agar lebih awet. Jalan selebar lima meter tersebut, rencananya akan diperlebar dua meter, sehingga nantinya total lebar jalan menjadi tujuh meter, dengan panjang 5 kilometer.

Pengawas Proyek Jalan dari PT Semarang Multi Cons, Ngatmanto, saat ditemui di sela-sela proses pengerjaan jalan, Rabu (30/3/2016), mengatakan, sistem Rigit Beton memiliki konstruksi yang lebih awet dan tahan lama dibandingkan aspal biasa. “Rigid beton dapat tahan bertahun-tahun, sedangkan aspal biasa, seringkali membutuhkan perawatan dalam kurun waktu setahun,” terangnya.

Akses jalan utama itu telah dikerjakan sejak pertengahan Maret lalu. Direncanakan proyek pengerjaan perbaikan dan pelebaran jalan tersebut, akan selesai pada Oktober mendatang.

“Ini merupakan proyek dari Dinas Bina Marga Provinsi Jateng, dan kali ini dikhususkan bagi jalan yang melintas di sepanjang Desa Pagergunung, sepanjang lima kilometer. Pengerjaan yang sama sebelumnya pernah dilakukan pada tahun lalu sepanjang tujuh kilometer di tempat lain, untuk akses jalan yang sama,” ujarnya.
Selama masa perbaikan, arus lalulintas akan mengalami hambatan, karena jalan hanya yang dilalui tidak bisa bersimpangan, sehingga harus lewat bergantian dari arah berlawanan. Untuk mengatur arus lalulintas, ada petugas yang mengatur di kedua ujung jalan yang diperbaiki.