Job Fair SMK diserbu Calon Lulusan SMK

0
717
Sebanyak 35 perusahaan ikut membuka stand lowongan pekerjaan di acara Job Fair SMK yang digelar di SMK Negeri 2 Kendal Senin (2/5/2016). Menurut Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kab Kendal, Condro Budi Susetyo, kegiatan Job Fair yang ke-4 ini diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja sekitar 3.500 anak. “Pada Job Fair tahun lalu, dengan jumlah peserta 30 perusahaan, bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 2.760. Jadi, Job Fair sekarang dengan peserta 35 perusahaan, maka diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja dikitar 3.500 orang,”harapnya.

Codro mengatakan, di tahun 2016 ini terdapat 6.107 lulusan SMK. Diperkirakan yang bisa masuk kerja mencapai 80 persen. Selain Job Fair SMK, upaya untuk merekrut lulusan SMK, juga dilakukan sendiri oleh masing-masing sekolah. Bahkan beberapa sekolah sudah membuka kelas industri yang menggandeng perusahaan untuk kebutuhan rekrutmen pekerja. “Masing-masing SMK juga mengadakan Bursa Kerja Khusus (BKK) sendiri dengan menggandeng perusahaan untuk rekrutmen lulusannya,”ujarnya

Sementara itu, terkait dengan keberadaan Kawasan Industri Kendal (KIK), Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kendal, Sri Bagus Darmoyo berharap Pemkab Kendal melakukan MoU dengan pihak KIK, agar ada jaminan bagi lulusan. “Sebaiknya harus ada MoU supaya keberadaan KIK benar-benar membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kendal. Kami tidak ingin jika KIK justru banyak menerima pekerja dari luar Kendal. Makanya harus ada MoU,”harapnya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa mengatakan, nantinya akan melakukan MoU, supaya pihak KIK komitmen mengutamakan pekerja bagi masyarakat Kendal. “Paling tidak 80 persen pekerjanya dari Kabupaten Kendal. Tapi sekarang belum melakukan MoU, karena lebih fokus pada pembangunan pabrik supaya cepat selesai,”katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.