Jumlah Pengunjung di Perpusda Kendal Cukup Tinggi

Pengunjung Perpusda Kendal

0
192

Swarakendal.com : Antusias masyarakat untuk berkunjung di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kendal yang baru ternyata cukup tinggi. Berdasarkan data dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpus) Kendal, jumlah pengunjung di Perpusda Kendal yang mulai dibuka pada akhir Agustus 2023 rata-rata per hari sekitar 600 pengunjung atau 18.000 sampai 19.000 pengunjung per bulan.

Kepala Dinarpus Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar jumlah pengunjung tetap terjaga. Sebagaimana di tahun 2023 lalu, yaitu melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak yang dituangkan dalam nota perjanjian kerja sama. “Kami bekerja sama mengadakan kegiatan, baik dengan komunitas, lembaga, organisasi maupun organisasi perangkat daerah,” katanya, Senin (15/1/2024).
Wahyu mengatakan, kolaborasi itu berkaitan dengan literasi yang secara rutin melakukan kegiatan bersama tiap bulan. Kegiatan yang sudah dilakukan, seperti dengan komunitas Read Aload atau Membaca Nyaring, kegiatan dengan Komunitas Film Kendal dan kegiatan dengan Komunitas Kendal Bercerita. “Kegiatan untuk meramaikan Perpusda Kendal biasanya dilakukan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, seperti Nonton Film Bareng, Membaca Nyaring untuk Pemula, dan kegiatan lainnya,” ujarnya.
Perpusda Kendal juga kerja sama dengan instansi di antaranya dengan BNNK Kendal dan yang sedang dirintis dengan BPS Kendal yang akan membuat Pojok Statistik. Selain itu juga kerja sama dengan berbagai OPD untuk peningkatan literasi.
Sejumlah sekolah juga mengajak anak-anak didiknya berkunjung ke Perpusda Kendal. Seperti Kepala SD Negeri 2 Sidorejo Kecamatan Brangsong, Setyawati yang mengajak 90 anak dari kelas 4, 5 dan 6. Tujuannya agar anak-anak lebih suka membaca, sehingga memiliki wawasan lebih luas. “Ini baru pertama kali berkunjung ke sini, kesannya menyenangkan, karena sejuk, sehingga betah untuk membaca,” katanya. (FA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.