Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan Kapan Dibangun?

0
1036
Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan rupanya masih harus ngontrak untuk beberapa tahun ke depan. Pasalnya, Kecamatan Kaliwungu Selatan, baru bisa membangun kantor kecamatannya setelah tahun 2017 nanti. Hal ini dikarenakan untuk bisa melakukan pengadaan tanahnya harus merubah perda sebelumnya, yang rencananya akan dibahas pada tahun 2016 ini.
Menurut anggota Bapperda DPRD Kendal Rubiyanto, sebenarnya pembangunan kantor kecamatan Kaliwungu Selatan sudah 3 kali diusulkan, yaitu sejak tahun 2013 lalu. Namun mengalami kendala terkait dengan pengadaan tanah yang sesuai dengan Perdanya. Dalam Perda disebutkan, lokasi kantornya harus berada di Desa Magelung. Ternyata, Tim Independen yang bertugas melakukan pengadaan tanah, selalu terganjal soal harga tanah. “Karena harga appraisal yang ditentukan, ternyata lebih rendah dari harga pasaran, sehingga tim tidak berani melakukan pembelian tanahnya,”ujarnya.

Menurut Rubiyanto, hal itu terjadi karena dalam Perda, lokasinya hanya ditentukan di satu desa, yaitu di Desa Magelung. Untuk itu Perdanya harus diubah terlebih dahulu, yaitu lokasi tidak ditentukan di satu desa, tapi bisa di desa lain yang masih dianggap cocok untuk lokasi kantor kecamatan. Dengan demikian, tim bisa mencari lahan yang harganya sesuai dengan harga appraisal yang ditentukan. “Ka;au ada pilihan lain, kan bisa dicari yang harganya sesuai,”jelasnya.

Rubiyanto menambahkan, sebenarnya kantor kecamatan yang kondisinya rusak,/ bisa saja direhab. Namun karena statusnya belum ada serah terima, sehingga penganggaran rehab tidak bisa dilakukan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bappeda Kendal, M Toha, bahwa terkait dengan pengadaan lahan yang akan digunakan pembangunan kantor Kecamatan Kaliwungu Selata harus merubah perdanya dulu. “Ya harus merubah perdanya dulu, karena kalau tidak sesuai perda kan bisa bermasalah,”katanya. (Ab)