Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan Rencananya akan Dibangun di Wilayah Darupono

Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan Rencananya akan Dibangun di Wilayah Darupono

0
609

Swarakendal.com : Pusat Pemerintahan Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal rencananya akan dipindahkan ke wilayah Desa Darupono. Hal ini terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal, Rabu (31/8/2022). Rencana perpindahan pusat pemerintahan Kecamatan Kaliwungu Selatan ini masuk dalam salah satu Raperda yang diajukan pihak eksekutif tahun ini.

Seperti diketahui, Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan sudah bertahun-tahun mengontrak dan berpindah-pindah. Pasalnya gedung kantor yang sudah ada kondisi rusak parah dan mangkrak.

Sebenarnya Pemkab Kendal, dulu sudah membangun gedung kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan di Desa Magelung, namun hanya ditempati beberapa bulan, karena mengalami keretakan dan rawan roboh. Rusaknya bangunan tersebut karena dibangun di atas lahan yang kondisi tanahnya labil.

Sejak saat itu kantor Pemerintahan Kecamatan menempati bangunan kontrak dan jika kontrak tidak bisa diperpanjang, maka harus pindah tempat. Kondisi seperti itu tentu kurang layak dan tidak nyaman.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, perpindahan ibukota Kecamatan Kaliwungu Selatan merupakan tuntutan zaman yang semakin berkembang. Apalagi, Kendal akan menjadi kota industri, maka harus dibangun kantor kecamatan yang lebih layak, sesuai keinginan pemkab dan harapan masyarakat. “Karena kondisi kantor kecamatan sudah tidak layak lagi, sehingga perlu yang lebih baik, lebih layak, apalagi Kendal sebagai kota industri, tentu ibukota kecamatan harus mencerminkan sesuai dengan harapan dan Pemkab Kendal sendiri dan masyarakat,” katanya.

Wabup Basuki berharap, jika kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan dibangun, maka harus benar-benar berada di lokasi yang nyaman dan kondusif. Pengalaman pembangunan kantor kecamatan yang sekarang mangkrak, karena salah memilih lokasi jangan sampai terulang kembali. “Kami berharap bisa mencari lokasi yang layak dan sampai seperti yang lalu karena tanahnya labil dan sebagainya,” tandasnya.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, masyarakat sudah lama menginginkan adanya kantor kecamatan yang representatif untuk pelayanan. Oleh karena itu, pihaknya merespon positif rencana perpindahan kantor kecamatan yang diajukan oleh pihak eksekutif. Dengan adanya payung hukum Perda tentang Ibukota Pemerintah Kecamatan Kaliwungu Selatan, nantinya akan dibangun kantor kecamatan yang bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Sudah sangat lama sekali masyarakat Kaliwungu Selatan membutuhkan kantor kecamatan yang representatif dalam rangka pemberian pelayanan yang baik, maka kami merespon positif apa yang disampaikan oleh eksekutif tentang pemindahan ibukota kecamatan,” ujarnya.

Dikatakan, jika Raperdanya bisa ditetapkan tahun 2022 ini, maka realisasi pembangunan kantor kecamatan paling cepat bisa dimulai tahun 2024. Pasalnya, untuk Raperda APBD Kendal tahun 2023, sudah pembahasan, dan di dalamnya belum ada usulan tentang pembangunan kantor kecamatan di Kaliwungu Selatan. “Di KUA PPAS untuk APBD 2023 itu belum ada angka untuk membangun kantor kecamatan, karena memiliki harus menyelesaikan payung hukumnya ini dulu,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.