Karang Taruna Desa Kedunggading Ringinarum Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Karang Taruna Desa Kedunggading Ringinarum Gelar Bakti Sosial Donor Darah

0
137

Karang Taruna Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, menggelar kegiatan donor darah di balai desa setempat, Rabu (20/12021).  Kegiatan donor darah ini tidak hanya diikuti kalangan pemuda, tetapi juga para perangkat desa dan masyarakat umum lainnya.

Kepala Desa Kedunggading, Budiono mengatakan, Karang Taruna Desa Kedunggading sudah rutin melakukan kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali. Untuk tahun 2021, donor darah dilakukan pada minggu ketiga di bulan Januari. “Anggota Karang Taruna ada 25 orang, maka jika ditambah dengan pendonor dari perangkat desa dan masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak lagi,” katanya.


Budiono mengatakan, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, Karang Taruna Kedunggading tetap mengadakan berbagai kegiatan, baik kegiatan rutin maupun kegiatan yang bersifat sosial, namun dengan mengikuti protokol kesehatan. Di antaranya ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT RI dengan mengadakan lomba cerdas cermat online menerapkan protokol kesehatan. “Cerdas cermat online untuk anak-anak SD, SMP dan SMA yang diwakili masing-masing dusun segala sesuatunya dipersiapkan oleh Karang Taruna, termasuk perangkat untuk cerdas cermat online,” terangnya.


Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal  Alfebian Yulando mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Kedunggading. Di saat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kegiatan donor darah yang sudah terjadwal di PMI ada beberapa yang dibatalkan, sehingga stok darah di PMI menipis.

“Apa yang dilakukan Karang Taruna Kegunggading ini bisa diikuti oleh Karang Taruna- Karang Taruna lainya. Karena suplai darah pasti selalu dibutuhkan oleh sakit-rumah sakit, sehingga kagiatan donor darah sebaiknya tetap dilakukan, tetapi tetap mengikuti aturan,” katanya.

Adanya penundaan kegiatan donor darah yang sudah terjadwal selama PPKM membuat stok darah di PMI Kendal menipis. Untuk menyikapinya, PMI Kendal proaktif dengan masyarakat dan juga mengadakan kerjasama donor darah dengan berbagai organisasi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan akan darah di Kabupaten Kendal.