Kecamatan Gemuh akan Bangun Wisata Terpadu

Kecamatan Gemuh akan bangun wisata terpadu

0
821

Kecamatan Gemuh akan membuat objek wisata terpadu antar desa. Camat  Gemuh Nur Fatoni mengatakan, wilayah Gemuh terdiri dari 16 desa, namun hanya satu desa yang memiliki potensi alam yang bisa dijadikan tempat wisata yaitu Desa Sojomerto dengan kawasan Bendung Sojomerto.

“Desa lainnya memunculkan apa yang bisa diunggulkan, seperti kuliner, kerajinan atau produk lainnya. Wisatawan bisa diarahkan ke pusat kuliner dan sentra kerajinan,”jelasnya.

Camat Toni mengatakan, dari 16 desa, baru satu desa yang sudah membentuk Pokdarwis dan sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Kendal, yaitu Desa Sojomerto. Dua desa sedang proses membentuk Pokdarwis, yaitu Desa Triharjo dan Gemuh Blanten.
“Desa lainnya menyusul,”katanya.
Bendungan Sojomerto dikelilingi kawasan hutan jati milik Perhutani yang bisa dimanfaatkan untuk tempat wisata.

Di sebelahnya ada lapangan desa dan tebing yang biasa dijadikan tempat untuk latihan menembak bagi anggota TNI.
Sekitar 2 kilometer dari bendungan terdapat gua.
Ketua Pokdarwis Alam Sejati Desa Sojomerto, Nurhadi mengatakan, untuk membuka wisata Bendungan Sojomerto akan bekerja sama dengan Perhutani. Hal ini supaya sebagian lahan Perhutani bisa ikut dijadikan kawasan wisata. Selain itu juga akan membuat fasilitas pendukung wisata, seperti tempat duduk, ayunan dan lainnya.
“Selain tempat wisata juga bisa dijadikan tempat perkemahan,”ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.