Kelompok Belajar Galih Assalam sedang Bangun Gedung

Kelompok Belajar Galih sedang bangun gedung

0
1620

Kelompok Bermain (KB) Assalam Galih sebentar lagi memiliki gedung baru. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 75 persen. Pembangunan gedung baru tersebut tak terlepas dari para donatur tenaga kerja wanita (TKW) di Hongkong.

Kepala KB Assalam Galih, Masruroh yang juga pendiri KB Assalam Galih mengatakan, untuk membangun gedung KB Assalam Galih sebagian merupakan bantuan dana dari TKW. Bantuan itu didapat melalui proposal yang di bawa oleh seorang TKW ke Hongkong, karena di sana ada  perkumpulan TKW asal Galih. Dana bantuan dari TKW yang terkumpul di Hongkong itu di transfer ke rekening KB Assalam Galih. Bantuan dana juga datang dari masyarakat dan orangtua alumni. “Pembangunan gedungnya masih mandiri dan belum pernah mendapat bantuan dari dana desa atau pemerintah,” kata dia.

Lembaga pendidikan non formal yang berdiri sejak 2009, kini mengalami perkembangan cukup pesat. Perkembangan itu tampak tak hanya dari segi kualitas maupun jumlah anak peserta didiknya meningkat signifikan. Pada awal berdirinya KB Assalam Galih yang berada di Jalan Al Idris  RT 02/RW 01 Desa Galih, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ini hanya mempunyai 38 anak didik dengan tiga guru.
Sekertaris KB Assalam Galih, Nurul Chanifah mengatakan, sejak berdiri tahun 2009, hingga sekarang, jumlah anak peserta didik terus bertambah. Pada tahun ajaran 2014/2015 ada  57 anak didik, tahun ajaran 2015/2016 ada 65 anak didik dan pada tahun ajaran 2016/2017 ada 75 anak.  “Tahun ajaran 2017/2018 ada 89 anak didik,”ujarnya.

Nurul Chanifah mengungkapkan, Lembaga pendidikan non formal KB Assalam Galih secara administratif sudah terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal. Selain itu juga mempunyai NPWP, NPSN dan akta notaris. Jumlah tenaga pendidiknya sekarang sebanyak lima guru non pegawai negeri sipil (Non PNS), dan sebagian besar berpendidikan sarjana. KB Assalam Galih yang didirikan oleh seorang Khafidhoh ini, awalnya masih menggunakan rumah pribadi untuk kegiatan pembelajaran. Seiring dengan terus berkembangnya, KB Assalam Galih, mempunyai tanah untuk pembunan gedung sekolah yang dalam tahapan pembangunan. “Saat ini KB Assalam Galih memiliki lima orang guru yang terdiri dari tiga guru yang sudah berijazah S1 dan yang dua guru masih menempuh pendidikan kuliah,”katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.