Kelompok Tani Kendal Prakarsai Keruk Sungai Irigasi di depan Rumdin Bupati

Kelompok Tani Kendal Prakarsai Keruk Sungai Irigasi di depan Rumdin Bupati

0
94

Saluran irigasi tersier yang melintas di depan Rumah Dinas Bupati Kendal di Kelurahan Jetis Kota Kendal dilakukan pengerukan. Pengerukan tersebut atas prakarsa kelompok tani bekerja sama dengan Dinas PUPR Kendal yang memberikan pinjaman alat berat. 

Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kendal, Tardi mengatakan, sungai yang dikeruk sepanjang 1 kilometer tersebut mengairi sekitar 60 hektar sawah yang berada di Kelurahan Jetis, Kelurahan Tunggulrejo dan Desa Purwokerto Patebon. Pengerukan sungai tersebut, selain untuk mengendalikan banjir, juga menjaga kebersihan kawasan di depan Rumah Dinas Bupati yang akan ditempati. “Sungai ini kan sudah beberapa tahun tidak dikeruk, jadi dengan pengerukan ini, selain mencegah banjir, juga memperindah, karena sebentar lagi Rumah Dinas Bupati ini akan ditempati, jadi harus terlihat lebih bersih,” katanya, Kamis (14/01/2021).

Tardi mengatakan, kondisi sungai sudah dangkal, karena sudah beberapa tahun tidak dilakukan pengerukan. Jika tidak segera dilakukan pengerukan dikhawatirkan terjadi banjir, karena saat ini sering turun hujan. Sedangkan jika musim kemarau para petani mengalami kesulitan air, karena kondisi sungainya dangkal, sehingga airnya tidak mencukupi untuk mengairi sawah yang sebagian besar ditanami padi.

“Dengan pengerukan ini, maka kebutuhan air para petani selalu tercfukupi. Kami ucapkan terima kasih kepata Dinas PUPUR Kendal yang telah meminjami alat berat secara gratis,” ucapnya.