Kendal Job Fair Didatangi Ribuan Pencari Kerja

Kendal Job Fair Didatangi Ribuan Pencari Kerja

0
338

Swarakendal.com: Ribuan pencari kerja mendatangi Job Fair yang digelar di Stadion Utama Kendal, Senin (25/7/2022). Job Fair digelar selama dua hari atau sampai Selasa nanti. Event Job Fair ini untuk meramaikan Pekan Raya Kendal memperingati Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kabupaten Kendal, Cici Sulastri mengatakan, Job Fair dibuka untuk memberikan akses peluang pekerjaan, terutama bagi yang belum bisa mengakses secara online. Pasalnya, pendaftaran dibuka melalui link yang sudah disediakan di aplikasi Kendal Karier, sehingga bisa dilakukan secara online. Pemkab Kendal sudah memiliki aplikasi Kendal Karier yang mempertemukan perusahaan dengan pencari kerja secara online. Job Fair membuka lowongan pekerjaan berbagai bidang. Tujuannya untuk percepatan penurunan angka pengangguran. “Untuk para pencari kerja ini mendaftarnya melalui aplikasi Kendal Karier. Jadi, Job Fair ini untuk membantu yang belum bisa mendaftar secara online, ” katanya. 

Cicik menjelaskan, Job Fair kali ini diikuti 31 perusahaan, yang terdiri 26 perusahaan dari KIK dan luar KIK serta 5 perusahaan dari luar Kendal dan sekitarnya. Adapun jenis pekerjaan yang dibuka sebanyak 178 jabatan, dan yang dibutuhkan sebanyak 3.783  orang. “Saat dari link yang sudah dibuka, pendaftarnya sampai angka kurang lebih 6.300 orang, ” Jelasnya. 

Cicik mengatakan, sebelumnya, Disperinnaker Kendal membuka Job Fair mini  yang digelar selama 4 hari, dan diikuti 5 perusahaan dari KIK. Jumlah pendaftar sebanyak 1.150 orang. Job Fair mini rencananya akan dibuka secara rutin tiap bulan. “Beberapa hari lalu, kami membuka Job Fair mini, dan rencananya akan dibuka tiap bulan, ” ujarnya. 

Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, kegiatan Job Fair ini untuk mensosialisasikan aplikasi Kendal Karier, supaya masyarakat bisa mendaftar kerja secara online. Aplikasi Kendal Karier ini, mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan secara online. Tujuannya untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat pencari kerja. “Sudah ada aplikasi Kendal Karier, para pengusaha bisa mencari para pekerja di satu wadah yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal,” katanya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.