Pemkab Kendal Punya Layanan Panggilan Darurat 112 seperti 911 di Amerika

Kendal Punya Layanan Panggilan Darurat 112 seperti 911 di Amerika

0
110

Swarakendal.com : Bupati Kendal Dico M Ganinduto melaunching Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 Kabupaten Kendal, Senin 3 Mei 2021 di Ruang Paringgitan Kantor Bupati. Layanan Panggilan Darurat 112 ini bebas pulsa (gratis) untuk melayani warga dalam situasi gawat darurat (emergency).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, panggilan darurat 112 tersebut merupakan bagian dari program Kendal menuju Smart City. Saat ini layanan 112 sudah bisa dihubungi melalui handphone masing-masing dan melalui provider apapun. Warga yang melapor agar dilayani dengan baik dan respon cepat oleh petugas serta sesegera mungkin ditangani atau ditindaklanjuti. “Laporan akan direspon dengan cepat,  seperti laporan kejadian kebakaran, mengevakuasi hewan, termasuk laporan adanya kerumunan yang melanggar protokol kesehatan,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Kendal Wiwit Andariyono mengatakan, untuk Diskominfo bertindak sebagai operator pelayanan. Posko akan dijaga selama 24 jam oleh petugas dari OPD yang menangani layanan kedaruratan, seperti petugas Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Dari Diskominfo juga ada petugas yang akan menjawab, jika ada yang meminta data tentang pemerintahan Kendal,” ujarnya.

Layanan ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan umum yang dibutuhkan masyarakat dengan cepat dan tepat. Kehadiran panggilan nomor darurat 112 di Kabupaten Kendal ini layaknya nomor panggilan darurat 911 di Amerika. Apalagi panggilan darurat 112 milik Kabupaten Kendal ini langsung terhubung ke operator Diskominfo Kendal, sehingga lebih cepat. (Faiz R)