Kendal Terpilih sebagai Daerah Pelaksana Program Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia

Kendal menuju Smart City

0
757

Pemerintah Kabupaten Kendal terpilih sebagai daerah yang melaksanakan program smart city dari pemerintah pusat. Hal itu setelah Pemkab Kendal dinyatakan lulus seleksi dan terpilih mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2018. Peserta diikuti 160 kabupaten/kota yang mengikuti assesment pada tanggal 5-7 Maret 2018 lalu, namun yang dipilih hanya 50 kabupaten/kota dan Pemkab Kendal termasuk yang lulus seleksi.

Kepala Diskominfo Kendal Drs Muryono SH MPd mengatakan, sebagai tindak lanjut program tersebut, pada tanggal 8 Mei 2018 telah dilakukan Penandatanganan nota kesepahaman antara Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI dengan Bupati/Walikota. Dikatakan, progran Gerakan Menuju 100 Smart City ini diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat secara bertahap dari tahun 2017 hingga tahun 2019 yang diharapkan ada 100 kota/kabuoaten yang dapat dijadikan teladan (role mode) dalam pengimplementasian Program Smart City. “Tahun 2017 sudah terpilih 25 kota/kabupaten dan tahun 20178 terpilih 50 kota/kabupaten, kemudian di tahun 2019 mendatang akan terpilih lagi 25 kota/kabupaten,”katanya.

Kepala Bapperlitbang Kabupaten Kendal, Winarno SH MH mengatakan, terpilihnya Kabupaten Kendal sebagai salah satu peserta Program Gerakan 100 Smart City merupakan prestasi yang patut disyukuri dan diapreasi. Namun yang lebih terpenting,  program itu  bisa memberikan nilai tambah bagi perbaikan layanan dan meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat. “Sebagai  tindak lanjut dari pendatanganan MoU, pemkab telah menyiapkan langkah-langkah percepatan guna mensukseskan program itu/ yaitu  membentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Gerakan Menuju 100 Smart City/ menyiapkan penyusunan masterplan/ menyiapkan pertukaran data dan legal software dengan menggunakan Free And Open Source Sofware (FOSS, menyiapkan pertukaran data dan legal software dengan menggunakan Free And Open Source Sofware (FOSS), lalu mensosialisasikan melalui Focus Discussion Group (FGD) Gerakan Menuju 100 Smart City serta mengintegrasikan data antar OPD,”jelasnya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa mengatakan, untuk melaksanakan program tersebut, implementasinya disesuaikan dengan RPJMD serta visi dan misi kedepan menuju Kendal Handal.  Untuk bisa merealisasikan hal itu, pemerintah tentunya tidak akan bekerja sendiri. Partisipasi peran serta masyarakat sangat diharapakan guna mendukung program itu. Bupati berharap, program ini nantinya bisa mengangkat harkat dan martabat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal. “Untuk menyukseskan Program Smart City ini bukan hanya masalah fasilitas dan infrastruktur, tapi kepedulian masyarakat juga sangat penting,”harapnya.