Kerajinan Payung Lukis Karya Siswa SLB Swadaya Kendal banyak Diminati, Hingga Luar Daerah

Kerajinan Payung Lukis Karya Siswa SLB Swadaya Kendal banyak Diminati, Hingga Luar Daerah

0
84

Swarakendal.com : Keterampilan murid-murid Sekolah Luar Biasa (SLB) Swadaya Kendal memang luar biasa. Salah satunya adalah kerajinan payung lukis yang sudah banyak peminatnya. Bukan hanya dari Kendal, tetapi ada yang dari luar daerah Kendal, seperti Bandung dan Jakarta, bahkan Luar Jawa seperti Sumatera.


Guru Keterampilan SLB Swadaya Kendal, Indrayati mengatakan, ada dua anak didiknya yang pintar melukis payung, yakni Desta (19th) siswa kelas 12 dan Vera siswi kelas 7. Hasil karya lukis payung anak didiknya selalu diikutkan dalam pameran, sehingga semakin dikenal. Selain itu juga dipromosikan secara online. “Pembelinya letika ikut pameran atau ketika ada tamu yang berkunjung ke sekolah dan melalui online,” katanya.


Harga satu payung yang sudah dilukis Rp 70 ribu dengan motif sesuai pemesan. Untuk melukis menggunakan cat khusus sesuai bahan payung, sehingga tetap awet. “Kalau Vera sukanya melukis motif bunga, tetapi kalau Desta sukanya melukis motif gambar-gambar kartun yang sedang digemari anak-anak,” ujarnya.


Pelajaran keterampilan lainnya adalah latihan membatik, baik batik tulis, batik cap dan batik ciprat. Anak-anak juga belajar membuat kerajinan dari barang bekas, membuat telur asin dan membuat berbagai macam kue camilan. 


Ida Fitriana selaku guru kelas berharap, dengan bekal keterampilan, anak-anak didiknya bisa mandiri untuk bekal di kemudian hari. Namun setelah lulus pun, pihak sekolah masih melakukan pendampingan untuk memberikan semangat agar terus berkarya. “Anak-anak ini punya bakat dan potensi yang baik untuk menciptakan karya sesuai bakat yang dimiliki,” katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi hasil karya anak-anak yang luar biasa. Untuk itu Bupati meminta kepada pihak sekolah agar hasil karya anak-anak bisa dijual melalui digital platform secara online. “Untuk penjualannya bisa melalui digital platfor, silahkan datang ke Mal Pelayanan Publik Kendal untuk didaftarkan, kami berharap penjualannya bisa meningkat,” katanya.