Kesenian Tradisional Srandul akan Dipentaskan di TMII Jakarta

Persiapan Pentas Srandul di TMII Jakarta 2018

0
676
Duta Seni Kabupaten Kendal akan mementaskan kesenian tradisonal Srandul pada Sabtu malam tanggal 14 April 2018 di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta. Pentas Srandul ini menyajikan kisah Misteri Tokoh Kyai Kendil Wesi yang dipadukan dengan kesenian kreasi modern. Materi pentas ini dikemas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal bersama Dewan Kesenian Kab Kendal.

Sutradara Pentas, Sony Wisnu Murti, yang juga pembina Dewan Kesenian Kendal saat jumpa pers di OR Setda Kendal Senin 9 April 2018 mengatakan, kesenian Srandul yang dulu pernah terkenal di daerah Kecamatan Singorojo dan Limbangan, saat ini sudah semakin langka. Oleh karena itu, Pemkab Kendal berupaya melestarikan kesenian ini dengan mengangkat kembali dan mengembangkannya, sekaligus mengkolaborasikan dengan unsur kesenian modern.
“Seni Srandul itu seperti seni drama tradisional yang menggunakan obor pada pertunjukannya. Unsur lainnya yaitu adanya dialog langsung antara pemain dengan pengrawit musik pengiring. Materi dialog dalam pertunjukan Srandul berisi cerita-cerita tentang masalah-masalah pertanian, kesuburan, kemakmuran, bencana, wabah dan masalah lain dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang dalam berdialog disisipkan pesan-pesan dan guyonan atau humor untuk menghidupkan suasana,”jelasnya.
Selain pentas seni, juga menyajikan Pameran Potensi dan Produk Unggulan Daerah dan Bazar Kuliner Khas Kendal bersama pelaku UMKM Kab Kendal. Kegiatan rutin tahunan ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi bersama Keluarga Paguyuban Keluarga Kendal (Paken) yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Kepala DPMPTSP Kendal, Drs Suparjan, selaku Seksi Bazar dan Kuliner mengatakan, selain menyediakan 10 stand untuk bazar dan kuliner, juga menyediakan stand khusus yang menyajikan informasi investasi dan promosi pariwisata di Kab Kendal. “Kali ini tidak ada acara Temu Investor, tapi ada stand khusus yang menyajikan informasi investasi,”katanya.
Sementara itu Sekda Kendal M. Toha menambahkan, jika selama ini hanya pentas di TMII yang lingkupnya nasional, maka ke depan ada rencana untuk pentas dengan cakupan internasional, seperti di negeri Belanda. “Rencana ini akan diusulkan pada APBD Perubahan nanti,”katanya.