Ketua Bawaslu RI Hadiri Apel Siaga Pengawas Pilgub Jateng di Kendal

Apel siaga pengawas Pilgub Jateng di Kendal

0
596
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan menjadi inspektur Apel Siaga Pengawas Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng yang diadakan di Alun-alun Kendal, Minggu (24/6/2018). Apel jelang Pilgub Jateng 27 Juni 2018 ini diikuti sekitar 2.000 pengawas pemilu, mulai dari Pengawas TPS, pengawas tingkat desa, kecamatan dan Kabupaten Kendal. Apel ini secara serentak dilakukan di 17 provinsi yang menggelar Pilkada serentak di Indonesia.
Abhan mengatakan, dengan digelarnya apel ini menunjukkan jajarannya siap melakukan tahapan pengawasan di masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara. Ia berharap kepada semua anggota panwas agar  menjaga integritas, netralitas dan profesionalitas dalam bekerja. “Pengawas TPS dan PPL untuk mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara secara maksimal,”harapnya.
Sementara kepada peserta pemilihan, tim kampanye dan tim pengusung, Abhan berharap untuk taat pada aturan yang berlaku. Sedangkan kepada masyarakat dihimbau untuk tidak menerima money politik dan harus ada gerakan tolak politik uang. “Sesuai undang-undang, bagi pemberi dan penerima money politik akan dikenai sanksi pidana,”katanya.
Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya yang ikut memberikan sambutan pada apel berharap, pelaksanaan Pilgub di Kabupaten Kendal dapat berjalan aman dan lancar. Untuk itu situasi kondusif di masyarakat harus dijaga. Dikatakan, bahwa mencegah itu lebih baik, sehingga semua pihak harus bisa menjadi kondusivitas dengan mematuhi peraturan yang ada. “Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka kepada petugas pengawas TPS harus selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas dari Polres dan TNI yang bersama-sama menjaga pengamanan Pilgub,”ujarnya.