Rombongan Terakhir Calon Haji Kendal 2016 sudah Berangkat

0
467
Rombongan terakhir jamaan calon haji (calhaj) Kab Kendal tahun 2016, yaitu Kloter 72 dan Kloter 74 Minggu (4/9) berangkat dari Pendapa Kab Kendal pukul 03.00 WIB. Kloter 72 sebanyak 346 orang, sedangkan Kloter 74 hanya 4 orang. Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (PPH) dari Kemenag Kendal Drs. H. Muslichan mengatakan, dua kloter diberangkatkan dari Pendopo Kab Kendal bersama-sama, karena Kloter 74 hanya berjumlah 4 orang. “Kloter 74 cuma 4 orang dan terbangnya cuma selisih beberapa jam, jadi diberangkatkan bersama-sama, namun setelah sampai di Asrama Donohudan mereka dipisah,”katanya.

H Muslichan mengatakan, dengan berangkatnya rombongan terakhir yang berjumlah 346 orang ditambah 4 orang, maka semua calon haji asal Kab Kendal tahun 2016 ini berangkat semua. Rombongan sebelumnya yang sudah berangkat tanggal 26 Agustus dan 3 September, semuanya sudah berangkat. “Alhamdulillah rombongan kloter sebelumnya semuanya bisa berangkat, semoga rombongan terakhir ini juga bisa berangkat semua, tanpa ada halangan,”harapnya.
Mereka berangkat dari Pendopo pukul 03.00 WIB, namun untuk persiapan, harus sudah berkumpul di Pendopo paling lambat pukul 02.00 WIB. Bagi calon haji yang tinggalnya cukup jauh dari Pendopo, sebagian besar sudah berkumpul di Pendopo sejak pukul 9 malam. Pasalnya, mereka bisa beristirahat atau tidur di Pendopo, walau seadanya tanpa bantal. Namun sebagian juga ada yang memilih tidur di hotel di sekitar Pendopo.

Supriyono, warga Rowosari bersama istrinya memilih datang lebih awal dan istirahat di Pendopo bersama jamaah yang lain. Alasannya, selain demi kebersamaan, menurut Supriyono sekalian beradaptasi dengan kondisi di tempat menunaikan ibadah haji di tanah suci. “Kalau di hotel juga khawatir bangun terlambat, tapi kalau di sini kan tidak khawatir, karena bersama-sama panitia,”ujarnya.