KLUB JANTUNG SEHAT KENDAL JUARA OUTBOND DI JAMBORE NASIONAL JANTUNG SEHAT

0
642

Klub Jantung Sehat Paku Jati Kendal baru saja meraih juara 2 lomba outbond dalam acara Jambore Klub Jantung Sehat Nasional 2016. Dua Pengurus Klub Jantung Sehat Kendal, yaitu Didik Iswanto dan Purwanti mewakili Jawa Tengah dalam Jambore Nasional Klub Jantung Sehat yang digelar pada awal November 2016 di Cibubur Jawa Barat.

Didik mengatakan, kegiatan jambore merupakan acara tahunan yang digelar oleh Yayasan Jantung Sehat Indonesia. Pesertanya adalah klub-klub jantung sehat dari seluruh provinsi di Indonesia. “Kami dari Kendal ada dua orang yang ikut mewakili Jateng,”katanya

Untuk Klub Jantung Sehat Kendal, Didik Iswanto mengatakan,  kegiatan rutin selama ini yaitu senam jantung yang dilakukan tiga kali seminggu, tiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Untuk hari Minggu senam jantung sehat dilakukan di halaman Gedung A Setda Kendal. Didik berharap, di tiap-tiap wilayah kecamatan ada klub jantung sehat. Untuk itu, pihaknya bersedia memberikan pelatihan senam jantung sehat bagi perwakilan dari masing-masing kecamatan.”Kami siap memberikan pelatihan senam, jika ingin memberikan klub di kecamatan,”kata Didik.

Terkait dengan kesehatan jantung, Didik menghimbau agar selalu dijaga kesehatannya, yaitu dengan melakukan hidup sehat, seperti menjaga makanan yang sehat dan bergizi, olahraga teratur dan menghindari stress. Sebagaimana misi Klub Jantung Sehat yang tercantum dalam Panca Jantung Sehat, yang disingkat dalam kata SEHAT, yaitu S – seimbang gizi, E – Enyahkan rokok, H – Hadapi stress, A – Awasi tekanan darah, dan T – Teratur Olahraga. “Olahraga senam jantung sehat ini minimal dilakukan 3 kali dalam seminggu, yang seharinya minimal 30 menit,”jelasnya.