Komisi D DPRD Kendal Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19

Komisi D DPRD Kendal Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19

0
38

Swarakendal.com : Pemerintah Kabupaten Kendal pada tahun 2021 ini mengalokasikan anggaran sebesar 78 miliar untuk penanganan Covid-19.  Yang 14 miliar dari anggaran tersebut untuk mendukung kegiatan vaksinasi. Hal ini disampaikan anggota Komisi D DPRD Kendal, Sulistyo Aribowo, karena pemerintah pusat hanya menyediakan vaksin, sehingga untuk pelaksanaan kegiatan vaksinasi diambilkan dari APBD. 

“Dari dewan mendorong penuh untuk percepatan vaksinasi untuk mencapai herd community,” katanya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemkab Kendal dengan mendirikan lima centra vaksinasi untuk percepatan vaksinasi. Lima centra vaksinasi yang pendaftarannya secara online ternyata mendapat sambutan baik dari masyarakat. “Upaya Bupati dengan membuka pendaftaran vaksinasi secara online ini baik sekali, karena terbukti mendapat antusias dari masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu dr. Didik Setiyadi Kusumo dari RSUD Soewondo Kendal mengatakan, salah satu cara untuk mengatasi pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi massal minimal 70 persen dari jumlah penduduk untuk bisa mendapatkan herd immunity atau kekebalan kelompok. Selain itu harus dilakukan percepatan vaksinasi supaya tidak dikejar mutasi virus yang terus terjadi. “Pelaksanaan vaksinasi untuk mencapai target 70 persen ini harus cepat,” ujarnya.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kendal, M Nur Sidik mengatakan, untuk percepatan vaksinasi, Pemkab Kendal telah menyediakan lima centra vaksinasi. Tiap centra vaksinasi per hari bisa melakukan vaksinasi sebanyak 500 sampai 1.000 orang lebih. Dengan percepatan vaksinasi ini ditargetkan pada akhir Agustus mendatang sudah tercapai target 70 persen. “Kepada masyarakat yang kondisinya sehat wajib melakukan vaksinasi, tidak usah takut, karena manfaatnya untuk kekebalan dirinya sendiri dan kekebalan kelompok,” jelasnya.

Masyarakat dihimbau untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait aturan PPKM, menjalankan protokol kesehatan 5 M.  Segera melakukan vaksinasi, untuk mencapai 70 persen, saling bantu melalui program jogo tonggo dan tidak lupa berdoa.