Komunitas Penjahit dan Designer Kendal Launching Asosiasi Fashion Kendal (AFK), Sebagai Wadah Kreatif Fashion Di Kabupaten Kendal

0
458

Komunitas Penjahit Kendal melaunching Asosiasi Fashion Kendal yang sebelumnya bernama Kendal Fashion Creative Centre (KFCC). Launching yang digelar di Resto Padi Tirtoarum Baru Kendal pada Minggu (13/12/2020) sekaligus peresmian dan pengukuhan pengurus oleh Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Kabupaten Kendal yang diwakili oleh Siti Rosidha SH Kepala Seksi Fasilitas dan Kemitraan Usaha Mikro.

Siti berharap, dengan penggantian nama dari KFCC Kendal Fashion Creative Centre menjadi Asosiasi Fashion Kendal bahwa Asosiasi (AFK) ini bisa membangkitkan para penjahit dan designer di Kendal terus berkarya, baik tingkat nasional dan internasional dengan karya seperti gaun pengantin, gaun pesta, batik, seragam kerja dan sekolah. “Dengan penggantian nama ini semoga bisa membangkitkan semangat untuk terus berkarya yang lebih baik lagi,” harapnya.

Achmad Choirun, selaku Ketua Panitia mengatakan, dengan dibentuknya AFK ini para penjahit dan disainer Kendal mampu menciptakan fashion Kendal yang kreatif, inovatif dan fashionabel. Dengan demikian bisa meningkatkan kualitas SDM anggota AFK di bidang fashion, sehingga mampu bersaing di dunia industri fashion, baik nasional maupun internasional. Selain itu dapat meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan anggota. “Melalui AFK ini bisa menjadi wadah silaturahmi antar anggota untuk sharing atau berbagai pengetahuan dan informasi,” katanya.

Hemy, ketua lama KFCC menambahkan, bahwa acara ini diisi dengan Lomba Dresscode Terbaik dari para peserta dan Parade Fashion Show hasil karya peserta ASosiasi Fashion Kendal yang dipergakan oleh para model berprestasi. Salah satunya adalah Ajeng Rahmania Mahardika juara favorite Indonesia Girl 2020. “Pada acara ini kami mengundang para komunitas terkait, seperti Komunitas UMKM Kendal, Harpi Melati, Tiara Kusuma, Kluster Batik Kendal dan Komunitas Fashion Semarang,” katanya.

Ketua AFK Periode 2021-2023, Karim mengatakan, ke depan setelah pandemi Covid-19 usai, pihaknya akan mengadakan event Fashion Show dari karya anggotanya dengan pendampingan bersama dinas terkait. “Semoga pandemi segera berakhir, sehingga bisa menggelar acara yang lebih besar,” ujarnya.