Koperasi Tunggal Kendal Raih Laba Bersih Rp 781 Juta

0
1663

Koperasi Tunggal, yaitu koperasi yang beranggotakan pegawai dan guru negeri di lingkungan TK, SMP, SMA dan SMK di Kab Kendal tahun 2016 lalu meraih laba bersih Rp 781 juta. Laba bersih ini merupakan sisa hasil usaha (SHU) yang akan dibagikan kepada seluruh anggota yang berjumlah 625 orang. Sedangkan laba kotor sebesar Rp 2,9 miliar. Dari laba kotor tersebut, sebagian dipergunanak untuk biaya operasional selama satu tahun sebesar Rp 2,1 miliar.

Kepala Koperasi Tunggal, H. Rebo, M.Pd mengatakan, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Pendopo Kabupaten Kendal Sabtu (21/1/2017) juga memberikan uang transpot kepada anggota yang menghadiri RAT sebesar Rp 500 ribu. “Pemberian uang Rp 500 ribu ini di luar SHU yang nanti akan dibagikan,”katanya.

Rebo mengatakan, hingga saat ini Koperasi Tunggal memiliki aset sebesar Rp 22,8 miliar yang sebagian besar berupa aktiva lancar atau uang. Aset lainnya yaitu berupa kantin, koperasi dan ruko. Usaha yang dilakukan koperasi yang berkantor di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini, selain simpan pinjam, juga penjualan alat tulis kantor, foto copy dan kantin. “Pinjaman hanya untuk anggota, besarnya bisa sampai Rp 150 juta atau bisa berupa mobil yang nilainya bisa lebih dari Rp 200 juta, dengan lama angsuran maksimal 10 tahun,”katanya.

Dikatakan, bagi anggota hanya membayar simpanan pokok Rp 20 ribu dan simpanan wajib per bulan Rp 200 ribu. Namun koperasi ini  tiap tahun memberikan hadiah berupa Wisata Udara untuk 50 anggota tiap tahun secara bergiliran. Bagi anggota yang pensiun akan mendapatkan tali asih dari dana cadangan. “Tiap tahun koperasi juga memberikan beasiswa bagi putra-putri anggota yang berprestasi di tingkat kabupaten, minimal juara 3,”pungkasnya.