Lomba Kadarkum untuk Tingkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat

Lomba Kadarkum tingkat Kabupaten Kendal 2019

0
294
Pemkab Kendal mengadakan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang digelar di pendopo kabupaten Rabu 18 Desember 2018. Lomba diikuti 20 regu, perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kendal. Bentuk lomba seperti cerdas cermat yang tiap regu terdiri-dari 3 sampai 5 orang.

Kabag Hukum Setda Kendal, Nur Fuad mengatakan, kegiatan lomba ini sebagai pembinaan budaya hukum untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Selain itu juga untuk mengukur pemahaman masyarakat terhadap peraturan dan perundang-undangan. “Peserta lomba ini merupakan kader untuk melakukan sosialisasi hukum kepada masyarakat di sekitarnya,” katanya.
Materi lomba meliputi Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang lantas lintas dan angkutan jalan, Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika, Undang-undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik dan Perda  Kabupaten Kendal nomor 3 tahun 2019 tentang Pemberian Air Susu Ibu.
Dewan juri terdiri dari 3 orang, yaitu 1 orang dari Polres Kendal dan 2 orang dari Pemkab Kendal.  Juara diambil untuk 4 regu terbaik yang akan mendapatkan hadiah tropi, piagam dan uang pembinaan.
Sementara itu Bupati Kendal dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, kegiatan lomba ini diharapkan sebagai sarana sosialisasi hukum kepada masyarakat. Dikatakan, pentingnya kesadaran hukum bagi masyarakat, sehingga harus memahami peraturan dan perundang-undangan. Keluarga merupakan yang pertama kali untuk menumbuhkan kesadaran hukum, sehingga keluarga harus sadar betul terhadap hukum. “Dengan adanya tingkat kesadaran hukum yang baik, maka dapat mengindari adanya kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan lainnya,” ujarnya.