LPIT Robbani Kendal Gelar Workhsop Menghafal Al Quran Ala Gaza

Yayasan LPIT Robbani Kendal gelar Workhsop Menghafal al Quran Ala Gaza

0
1629

Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Robbani Kendal mengadakan workshop tentang Metode Menghafal Al Quran Ala Gaza di Pendopo Kabupaten Kendal, Sabtu (2/2/2019). Workshop yang diikuti sekitar 400 peserta ini langsung mendatangkan ulama Palestina, Syaikh Dr. Said Thalal Al Dahsyan, Direktur Diklat Darul Quran al Karim wa Sunnah Gaza Palestina.

Kepala SMP IT Robbani, Nur Jannah selaku ketua panitia mengatakan, walaupun peserta workshop diutamakan bagi guru dan wali murid di lingkungan sekolah Robbani, namun terbuka untuk umum. Bagi para guru, nantinya akan menerapkan metode menghafal Al Quran ala Gaza ini kepada muridnya di sekolah. Demikian pula bagi wali murid diharapkan ikut memberikan bimbingan kepada anak-anak di rumah dalam belajar menghafal Al Quran. “Jika orang tua ikut membimbing, maka anak bisa lebih cepat menghafal dengan benar,” katanya.
Ketua LPIT Robbani, Ahmad Syaifudin menjelaskan, bahwa metode menghafap ala Gaza terdiri dari 4 metode, yaitu membaca dengan benar, mengulang-ulang bacaan, tasmi’ atau menyetorkan ayat Al Quran yang sudah hafal, taqwim atau mengevaluasi diri sendiri. Oleh karena itu, orang yang menghafal Al Quran harus kepada guru sebagai pembimbing, yang akan mengoreksi bacaan dan mengarahkan dalam menghafal Al Quran. “Pembimbing juga akan mengevaluasi secara keseluruhan dalam menghafal, baik kepada murid yang dibimbing maupun kepada dirinya dalam memberikan bimbingan,” jelasnya.
Ahmad Syaifudin menambahkan, workhsop dengan mengundang Syaikh dari Palestina berarti bagi yang belajar menghafal Al Quran akan memiliki sanad atau penghubung dengan Syaikh sebagai pihak yang memiliki kewenangan memberikan ijazah. “Oleh karena itu dalam menghafal Al Quran harus melalui guru atau pembimbing,” katanya.