LPTQ Hadir, MTQ Tingkat Kabupaten Kendal Tahun ini lebih Semarak

LPTQ Hadir, MTQ Tingkat Kabupaten Kendal Tahun ini lebih Semarak

0
149

Swarakendal.com : Sebanyak 400 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kendal yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri Kendal selama dua hari, Senin dan Selasa tanggal 30 dan 31 Mei 2022. Gelaran MTQ dibuka oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Senin (30/5/2022) dan dimeriahkan Paduan Suara MAN Kendal yang menyanyikan lagu Mars MTQ.

Cabang lomba meliputi, Cabang Tilawatil Qur’an kelompok anak, remaja dan dewasa. Cabang hafalan Al-Qur’an golongan 1 juz dan tilawah, serta golongan 5 juz dan tilawah. Cabang tafsir Al Qur’an dan Cabang Seni Al Qur’an. 

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kendal, Ir Sugiyono mengatakan, pada tahun 2022 ini LPTQ Kendal mulai aktif kembali, setelah selama 9 tahun mengalami vakum. Maka dengan adanya LPTQ Kendal diharapkan pembinaan bibit-bibit yang ada bisa lebih maksimal, sehingga prestasinya semakin meningkat. “Setelah sembilan tahun vakum, Alhamdulillah di tahun 2022 ini LPTQ Kendal dibentuk lagi, semoga dengan adanya LPTQ ini, pembinaan bibit-bibit yang berpotensi bisa dioptimalkan lagi, dan lebih diperhatikan, sehingga tidak diambil oleh daerah lain,” ujarnya.

Afifuddin, Koordinator Dewan Hakim menambahkan, peserta dari Kabupaten Kendal pada beberapa terakhir ini belum masuk tiga besar di provinsi. Maka dengan adanya LPTQ, diharapkan bisa meningkatkan prestasinya di tingkat provinsi hingga tingkat nasional. “Selama ini di tingkat Jawa Tengah baru sekedar partisipasi, belum masuk tiga besar, maka dengan adanya LPTQ, pembinaan bibit-bibit yang berpotensi bisa lebih massive,” harapnya.

Plt. Kepala Bagian Kesra Setda Kendal, Izzudin Latif mengatakan, penyelenggaraan MTQ ini kerjasama Pemkab Kendal dengan LPTQ Kendal. Dengan adanya MTQ, akan membumikan Al-Quran di Kabupaten Kendal dan mencari bibit-bibit yang bisa berprestasi di tingkat nasional. “Dengan adanya LPTQ ini besar harapan kami, bisa meraih prestasi pada MTQ tingkat nasional di  Banjarmasin pada September nanti,” katanya.

Panitia menyediakan hadiah uang pembinaan pada tiap-tiap cabang, untuk juara I mendapat Rp 5 juta, juara 2 mendapat Rp 3 juta dan juara 3 mendapat Rp 2 juta. Selain itu juga mendapat piala atau trofi dan piagam penghargaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.