Masa PPKM Darurat, Kegiatan PLS Murid Baru di Kendal tidak boleh secara Tatap Muka

Masa PPKM Darurat, Kegiatan PLS Murid Baru di Kendal tidak boleh secara Tatap Muka

0
56

Swarakendal.com : Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa-siswi baru, baik tingkat SD maupun SMP di Kabupaten Kendal yang akan dimulai Senin 12 Juli 2021 dilakukan secara daring. Pasalnya, saat ini masih diberlakukan PPKM Darurat, sehingga belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). 


Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran bernomor 420/13925/Disdikbud tentang Pelaksanaan PLS dan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 di Masa PPKM Darurat. Surat tersebut ditujukan kepada Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan, Pengawas Sekolah dan Penilik, serta Kepala Satuan Pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, PNF dan SPNF SKB Kendal.
“Permulaan tahun ajaran 2021/2022 yakni Senin 12 Juli 2021, maka sekolah bisa melakukan kegiatan PLS bagi peserta didik baru dalam waktu paling lama tiga hari secara daring atau luring tanpa tatap muka, karena dalam masa PPKM Darurat,” katanya.


PLS secara daring bisa dilakukan antara lain mengenalkan profil melalui laman sekolah, youtube, atau media sosial lainnya. Bisa juga memanfaatkan video conference yang bersifat penguatan pendidikan karakter edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Materi yang disampaikan bisa tentang prestasi sekolah, memperkenalkan peserta didik baru, kepala sekolah dan guru. Selain itu juga mengenalkan visi, misi dan program sekolah, lingkungan sekolah dan tata tertib sekolah serta memberikan motivasi belajar.


Kepala SMP Negeri 1 Brangsong, Sri Hardanto mengatakan, kegiatan PLS akan dilakukan selama tiga hari, tanggal 12-14 Juli 2021 secara daring. Khusus untuk pembukaan akan mengundang perwakilan orang tua wali murid dan perwakilan siswa. “Kami sudah mempersiapkan studio khusus untuk pembelajaran secara daring, yang nanti akan digunakan untuk pembukaan kegiatan PLS,” katanya.