MDMC Kendal Tanam Pohon Alpukat dan Jambu di Dusun Kenjuran

MDMC Kendal Tanam Pohon Alpukat dan Jambu di Dusun Kenjuran

0
35

Swarakendal.com : Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kendal memberikan bantuan 1.200 bibit pohon buah. Bantuan yang diberikan berupa 600 bibit pohon alpukat dan 600 bibit pohon jambu biji. Bibit pohon buah itu untuk penghijauan di lereng bukit Kenjuran Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo.

Penanaman bibit pohon buah tersebut sudah dimulai sejak Minggu (9/1/2022) di lahan milik warga yang penanamannya dibantu para relawan MDMC Kendal. Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) adalah lembaga penanggulangan bencana Muhammadiyah.

Ketua PD Muhammadiyah Kendal, Ihsan Intizam mengatakan,  untuk kegiatan penanaman pohon dilakukan oleh para relawan MDMC Kendal bersama warga setempat. Dengan penanaman pohon buah ini, selain untuk mencegah longsor dan banjir, juga untuk diambil buahnya, sehingga bisa menambah penghasilan. “Yang siap dari MDMC akan berkolaborasi menjadi relawan menanam pohon alpukat dan jambu. Mudah-mudahan nanti di samping bisa mencegah longsor dan banjir, tetapi juga bermanfaat buahnya,” katanya, Senin (10/01/2022).

Ketua Bidang Pengurangan Resiko Bencana MDMC Kendal, Abdul Malik mengatakan, bibit pohon ini diberikan kepada 60 kepala keluarga yang memiliki lahan. Selanjutnya akan dikelola bersama dengan bagi hasil. “Areanya disebar di lahan warga yang mendekati sungai di lereng-lereng,” katanya.

Beberapa tahun lalu di Dukuh Kenjuran pernah terjadi banjir bandang yang menerjang puluhan rumah warga.  Untuk mencegah agar tidak terjadi lagi bencana, maka upaya yang dilakukan dengan penanaman pohon di area perbukitan yang kondisinya gundul.