Menuju Kendal Bersih dengan Gerakan Pungut Sampah

0
775

Sebanyak 600 pelajar bersama warga mengikuti Kendal Clean Action di Taman Kalireyeng Kebondalem Kendal Selasa (27/10). Sebagian besar dari SMA dan SMK, serta MTs dan warga. Kegiatan ini sekaligus Launching Gerakan Pungut Sampah untuk Kendal Bersih.  Penjabat Bupati Kendal Drs Kunto Nugroho H Putranto, M.Si. yang melaunching Kendal Clean Action memberi apresiasi kegiatan ini. Kunto berharap aksi ini tidak hanya di Kalireyeng, tetapi ke depan terus ditingkatkan, tidak berhenti di Kec Kendal, tetapi di semua kecamatan. Sebab dengan bersih lingkungan, maka tatakota yang dibangun bersama masyarakat akan menjadi indah dan sehat. “Semoga Aksi Kendal Bersih ini menjadi virus positif bagi masyarakat untuk peduli menjaga lingkungan,”harapnya.

Gerakan Kendal Clean Action atau Aksi Kendal Bersih yang diwujudkan dengan Gerakan Pungut Sampah ini adalah aksi nyata atas kepedulian generasi muda Kendal. Sebagaimana dikatakan Nunuk Sarah Zanuba, pegiat Lingkungan Kendal, bawa awal ide diadakannya gerakan ini, atas usul anak-anak muda Kendal terkait dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. “Saya berharap gerakan ini akan terus ditindaklanjuti oleh semua instansi pemerintah agar ikut menggerakkan masyarakat dalam menciptakan Kendal Bersih,”katanya.

Camat Kendal Rubiyanto, S.Sos mengatakan,  diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian pemuda terhadap lingkungan, utamanya bersih sampah sebagai gerakan untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020. Permasalahan lingkungan hidup dan kerusakan lingkungan adalah karena sampah, sebagai penyebab banjir, yang menimbulkan kerugian materi. Pengelolaan sampah masih perlu mendapat perhatian, karena kesadaran masyarakat masih kurang. Terbukti  masih banyak tempat kumuh karena membuang sampah sembarangan, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. “Semangat gerakan pungut sampah akan menjadi perilaku positif yang terus tertanam kepada para pemuda,”jelasnya.

Rangkaian dari kegiatan ini yakni Dialong Kepedulian Lingkungan pada Generasi Muda, lomba tumpeng ibu-ibu RT Kelurahan Kebondalem, lomba pungut sampah dan  lomba foto pelajar. (Ab)