Mou Kewirausahaan SMKN 1 Kendal-Hipmi, Gaet Komunitas Kendal Craft

0
967
Swarakendal.com – Komunitas Kendal Crafter  Jumat (11/12/2015) memberikan pelatihan membuat boneka di SMK Negeri 1 Kendal. Ketua Hipmi Kendal Nanang Husni Faruk mengatakan, kegiatan ini mengawali MoU Kewirausaah SMKN1 Kendal dengan Hipmi Kendal. Hipmi Kendal dengan menggandeng Komunitas Kendal Crafter sebagai yang memberikan pelatihan. “Ini pemberian pelatihan pertama, untuk selanjutnya nanti nanti tergantung kesepakatan dengan pihak sekolah, mungkin semingu sekali atau dua minggu sekali.”katanya

Nanang mengatakan, Hipmi Kendal bersama KC bukan hanya memberikan pelatihan seperti membuat kerajinan, tetapi juga memberikan bimbingan supaya peserta bisa mengembangkan, termasuk hal pemasarannya. Peserta dibimbing untuk bisa terus berinovasi mengembangkan produknya supaya bisa bersaing dan banyak disukai. “Harapannya bisa menjadi wirausaha sukses,’harapnya.

Pelatihan diikuti 35 peserta, yang sebagian besar pelajar putri dari berbagai jurusan. Menurut Kepala SMKN 1 Kendal, Suroyo, pelatihan ini siatnya sukarela bagi siapa saja yang ingin mengikuti pelatihan. Tujuannya memberikan bekal keterampilan yang nantinya bisa dikembangkan menjadi lahan usaha atau sambilan. Karena SMKN 1 atau yang dulu dikenal dengan nama MSEA  memang mencetak kelulusannya untuk langsung bekerja atau wirausaha. “Jika nanti kuliah pun, keterampilannya bisa dimanfaatkan, kuliah sambil kerja,”jelasnya.

Mengenai Komunitas Kendal Craft atau Kendal KC, Ketua Komunitas KC Sri Winarti, yang biasa dipanggil Mbak Cici  mengatakan, KC merupakan komunitas khusus orang Kendal yang memiliki hobi membuat kerajinan. Tujuannya saling sharing tentang keterampilan. “Sebenarnya KC ini grup fesbuk yang anggotanya sekitar 50 orang, dan rutin kumpul sebulan sekali untuk sharing, tukar pengalaman atau pengetahuan,”ujarnya. (Ab)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.