Mulai Januari, Pemkab Kendal Bagikan Beras Sejahtera

Pemkab Kendal mulai bagikan beras sejahtera

0
865

Mulai Januari 2018 ini Pemkab Kendal melalui Dinas Sosial Kendal menyalurkan bantuan beras sejahtera (rastra) kepada masyarakat. Bantuan rastra hanya diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang sesuai data dari Kementerian Sosial. Untuk Kabupaten Kendal jumlah penerima rastra sebanyak 63.963 KPM. Launching penyaluran bantuan rastra dilakukan Jumat 19 Januari 2018 untuk penerima di Kecamatan Ngampel dan Pegandon, sedangkan kecamatan lainnya segera menyusul menunggu kesiapan administrasi.

Kepala Dinsos Kendal Kun Cahyadi menggunakan, tiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan 10 kilogram beras tiap bulannya. Penerima bantuan rastra tidak membayar uang pengganti beras atau harga tebus raskin, seperti penyaluran beras miskin (raskin) tahun-tahun sebelumnya. Namun jumlah beras yang diberikan untuk tiap KPM  hanya 10 kilogram dengan kualitas beras yang lebih baik yaitu beras medium. “Kalau beras raskin tahun 2016 lalu mendapatkan 15 kilogram, tapi harus membayar per kilonya Rp 1.600 atau Rp 24 ribu untuk 15 kilogram, namun untuk rastra ini hanya mendapatkan 10 kilogran tanpa membayar harga tebus rastra,”jelasnya.

Kun Cahyadi mengatakan, mulai bulan Maret 2018 mendatang, tiap penerima bisa berupa beras atau telur. Untuk pengambilannya akan melalui kartu yang dibagikan karena sistem yang dipakai dalam penyaluran BPNT ini menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Penerima bisa mengambil beras atau telut di toko atau pedagang bahan pangan yang sudah bekerja sama dengan Bulog dan Bank Himbara. “Nantinya bisa memilih beras atau telur dengan membawa kartu semacam ATM atau KKS itu,”katanya.

Camat Ngampel, Heru Purnomo mengatakan, untuk Kecamatan Ngampel ada 1.799 daftar penerima manfaat. Pembagiannya dilakukan pada Jumat (19/1/2018) karena sudah siap untuk menyalurkannya. “Semua administrasi sudah siap, maka Jumat ini dibagikan,”katanya saat launching Rastra di Gudang Bulog Mangkang.