Organisasi Wanita Kendal Dukung Program Pemerintah

0
933

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kendal menggelar Musyawarah Daerah (Musda) GOW Kab Kendal Sabtu (18/3/2017) di Aula Gedung Wanita Setda Kendal. Musda dengan agenda utama pemilihan ketua baru ini diikuti sekitar 35 peserta. Agenda lainnya dan laporan pertanggungjawaban kepengurusan GOW Kendal periode 2014-2017, dan evaluasi program. Musda dihadiri Ketua TP PKK Kab Kendal, Ketua Dharma Wanita Kab Kendal, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rr Astuti Watiningrum, S.Sos. berharap, dalam Musda GOW ini dapat merumuskan program baru untuk mendukung pembangunan di Kab kendal. Dikatakan, pembangunan kesetaraan gender belum maksimal, walaupun secara umum sudah banyak mengalami kemajuan. Untuk itu peran aktif kaum wanita sangat dibutuhkan karena akan mempercepat pembangunan dan mendukung program pemerintah. “Peran organisasi wanita ini untuk meningkatkan bidang pendidikan, kesehatan, dengan program-programnya yang menunjang visi misi pemda,”harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Asrifah mengingatkan kepada kaum perempuan agar leboh memperhatikan anak-anaknya. Dikatakan, hingga Februari 2017 ada 9 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Lima di antaranya adalah kasus anak di bawah umur. Pihaknya sudah melakukan pendampingan hukum. Diharapkan kepada masyarakat agar segera melaporkan jika ada tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, supaya segera dampingi. Selama ini banyak korban yang tidak mau melaporkan, karena dianggap tabu. “Kami prihatin karena masih banyak tindak kekersan. Ini adalah tugas bersama untuk mencegah tindak kekerasan,”harapnya.

Asrifah juga mengatakan, harus ada upaya peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Untuk itu bagi kaum perempuan harus meningkatkan pengetahuan dan kualitasnya. Dikatakan, perempuan ini memiliki peran ganda, yaitu andil berbagai lini kehidupan dan peran dalam keluarga. “GOW ke depan dapat menjadi media untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan,”harapnya.