Ormas dan Tokoh Masyarakat Diminta Lebih Perkuat Perannya di Masyarakat

Kesbangpol Kendal giat Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan

0
319
Ormas dan tokoh masyarakat memiliki tugas menjaga Tri Kerukunan, yaitu kerukunan inter umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Hal ini disampaikan anggota FKUB Kendal KH Ali Chasan saat giat Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Kecamatan Patebon, Rabu 4 Desember 2019. Kegiatan yang diadakan oleh Kesbangpol Kendal ini mengambil tema  “Peningkatan Fungsi Ormas dan Tokoh Masyarakat dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”.
“Dalam kehidupan inter beragama harus harmonis walaupun berbeda ras, suku dan bangsa. Demikian pula dalam kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah, juga harus terjalin hubungan yang mesra. Hal ini untuk menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam rangka menyukseskan program pemerintah,” jelasnya.
Sementara itu, Ardi Lukfiarso, Kasi Bina Politik dan Hubungan antar Lembaga pada Kesbangpol Kendal mengatakan, bahwa tujuan giat Pembinaan Ormas ini untuk menguatkan kembali perannya di masyarakat, sehingga tetap tercipta situasi aman, damai dan kondusif. Apalagi menjelang Pilkades dan Pilbup di tahun 2020, maka peran ormas dan tokoh masyarakat untuk bisa menjaga situasi agar tetap kondusif.
“Kami meminta agar para tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk mendukung program pembangunan pemerintah menuju ke arah yang lebih baik. Terlebih dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak dan Pilkades di Kabupaten Kendal,” harapnya.
Dia juga berharap agar ormas dan LSM bisa memaksimalkan fungsinya dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Kendal untuk menuju pembangunan ke arah yang baik. Serta mampu menciptakan suasana yang aman dan kondusif dalam menjaga lingkungan masyarakat, terlebih jelang menghadapi pilkada serentak 2020 mendatang.
”Ormas dan LSM diharapkan ikut serta dalam mememunculkan gagasan-gagasan baru dan inovastif untuk memperkuat sendi-sendi berbangsa, bernegara dan sektor  ekonomi, politik, pengentasan kemiskinan dan lainya,” terangnya.
Pada kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Sofyan Hadi dari perguruan tinggi dan Agus Teguh Imanto, Kasi Trantib Kecamatan Patebon. Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 peserta/ perwakilan dari ormas dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Patebon.