Pabrik Sepeda di Kawasan Industri Kendal sudah Ekspor ke 5 Negara

Pabrik Sepeda di Kawasan Industri Kendal sudah Ekspor ke 5 Negara

0
21

Swarakendal.com : Pabrik sepeda, PT Roda Maju Bahagia yang berada di Kawasan Industri Kendal melakukan pelepasan ekspor sepeda merk Element yang perdana ke Malaysia, Rabu (13/10/2021). Pelepasan ekspor perdana ini disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita secara virtual melalui zoom meeting dari Jakarta. Pelepasan ekspor ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan pemecahan kendi. 

CEO PT Roda Maju Bahagia, Hendra mengatakan, ekspor sepeda yang perdana ke Malaysia ini sebanyak 200 unit lebih dan merupakan ekspor yang ke-50. Perusahaan industri sepeda ini sebelumnya telah mengekspor sepeda ke empat negara, yaitu Singapura, Thailand, India dan Korea dengan memakai merek sendiri, yaitu Element dan Camp. “Sekarang baru ekspor ke lima negara itu, total sekitar 13.000 unit sepeda dengan nilai 2,7 juta US Dollar,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto mendorong agar perusahaan yang ada di Kawasan Industri Kendal untuk meningkatkan lagi daya jual ekspor. Pemerintah daerah pun akan memberikan support, seperti kemudahan dalam perizinan. Harapan ke depan agar bisa ekspansi lebih besar lagi dan turut mengembangkan kawasan industri di Kendal. 

“Perusahaan sepeda ini mampu menyerap sekitar 400 karyawan, sehingga harapan kami untuk perusahaan di  Kawasan Industri Kendal bisa menumbuhkan perekonomian, bukan hanya untuk Kendal, namun untuk Jawa Tengah,” harapnya. 

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita  mengatakan, ekspor produk lokal ini menunjukkan adanya penerimaan dari pasar internasional, berarti produk lokal ini memiliki telah memiliki standar kualitas sesuai SNI.  Selain produk ini telah memiliki kualitas,  perusahaan ini juga memiliki komitmen dalam menjaga kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH). “Upaya yang kami lakukan di antaranya memberikan insentif kepada para calon investor untuk kemajuan industri di Kendal,” ujarnya.