Panen Melimpah, Warga Desa Kebonagung Syukuran Nanggap Wayang

0
1714

Sebagai bentuk rasa syukur atas rejeki yang melimpah,  masyarakat Desa Kebonagung Kec Ngampel mengadakan acara Syukuran Desa. Acara syukuran ini dengan mengadakan pagelaran wayang kulit Sabtu (24/10) malam  bersama dalang Ki Tantut Sunanto dari Ceper Klaten. Menyajikan lakon Wahyu Keprabon, yang menggambarkan tokoh pemuda yang memiliki semangat tinggi membangun desa atau negara.  Kepala Desa Kebonagung Sukandar mengatakan, pada musim tahun ini, para petani di Desa Kebonagung menghasilkan panen yang cukup bagus, baik tanaman tembakau, padi maupun kacangijo.”Selain panennya bagus, harganya juga bagus,”katanya.

Kegiatan syukuran ini diadakan atas usulan warga dan dilakukan secara swadaya oleh warga. Selain menggelar wayang kulit, sebelumnya juga mengadakan istighosah, doa bersama dan pawai keliling kampung bersama warga. Menurut Kades Sukandar, acara Syukuran Desa seperti ini sudah lama tidak diadakan, sehingga masyarakat merasa rindu akan tradisi ini, maka tahun ini diadakan lagi, dan rencananya akan diadakan setiap tahun. Syukuran dengan hiburan wayang kulit ini mengundang Ketua DPRD Kendal dana semua anggota dewan dari Dapil Satu, Muspika Kec Ngampel dan tokoh masyarakat. “Syukuran Desa ini dulu pernah diadakan, tetapi berhenti cukup lama, dan mulai tahun ini diadakan lagi,”jelasnya.

Kerinduan masyarakat Desa Kebonagung mengadakan Syukuran Desa ini terlihat dari ramainya acara yang dipadati warga, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Bahkan para pedagang juga ikut meramaikan dengan menggelar lapak-lapak seperti pasar malam, mulai dari makanan, mainan anak-anak dan pakaian. (Ab)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.