Panitia Pastikan Pasang Layar Monitor untuk Umumkan Hasil Test Calon Perangkat Desa

MoU LPMP Jateng dengan Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa

0
870

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jateng memastikan akan memasang layar monitor pada saat pelaksanaan test tertulis bagi calon perangkat desa di Kabupaten Kendal yang akan diadakan pada 17 Desember 2017. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kendal, Wahyu Hidayat saat MoU  antara Tim Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa dengan pihak LPMP Prov Jateng, Sabtu (09/12/2017) di Aula Dinas PUPR Kendal. LPMP Provinsi Jateng ini sebagai pihak ketiga pelaksana seleksi calon perangkat desa di Kabupaten Kendal dengan sistem Computer Assested Test (CAT). “LPMP jadi memasang layar,”ucapnya.

Wahyu Hidayat mengatakan, layar monitor akan dipasang di luar di semua tempat yang digunakan untuk pelaksanaan CAT calon perangkat desa di Kabupaten Kendal. Melalui layar monitor tersebut, hasil tes bisa dilihat oleh semua orang. Hasil test tersebut akan diumumkan pada hari pelaksanaan test tanpa menunggu waktu lama. Pasalnya, begitu test selesai, maka akan segera diumumkan saat itu juga. Tujuannya untuk menghindari tindak kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh penyelenggara. “Begitu test selesai, maka siapa saja bisa melihat hasilnya lewat layar monitor itu,”katanya.

Test tertulis calon perangkat desa akan dilaksanakan di beberapa sekolah yang telah dipersiapkan. Mengingat banyaknya jumlah peserta, maka test akan dilakukan menjadi tiga sessi. Wahyu mengatakan, tiap selesai sessi test, maka hasilnya akan langsung diumumkan melalui layar monitor. Sesuai ketentuan, peserta dengan nilai tertinggi, nantinya yang akan ditetapkan menjadi perangkat desa. Dikatakan, walaupun yang diajukan minimal dua peserta dengan nilai tertinggi untuk dikirimkan ke camat sebagai pihak yang akan memberikan rekomendasi, namun peserta dengan nilai tertinggi itulah yang harus ditetapkan sebagai perangkat desa. “Rekomendasi dari camat harus memilih peserta dengan nilai tertinggi,”tegasnya.

Asisten Pemerintahan Sekda Kendal, Agus Sumaryono mempersilahkan kepada masyarakat untuk ikut memantau atau mengawasi pelaksanaan test calon peranglat desa. Jika mengetahui ada tindak kecurangan silahkan untuk melaporkan. “Terima kasih jika masyarakat mau memantau. Jika ada kecurangan, silakan dilaporkan biar diusut,”ucapnya.