Grup Pardi Ketapang Tercepat Raih Bendera Lomba Panjat Pinang

0
542

Kelompok Pardi dari Kelurahan Ketapang Kendal berhasil menjadi grup tercepat meraih bendera Merah Putih di puncak pada lomba Panjat Pinang Massal Kabupaten Kendal. Pada lomba yang digelar di Alun-alun Kendal Sabtu (27/8/2016), grup Pardi hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit berhasil mencapai puncak pohon pinang. Dari enam pohon pinang yang ada, hampir semuanya memerlukan waktu cukup lama, lebih dari satu jam.

Lomba Panjat Pinang HUT Proklamasi ke-71 dan HUT Kota Kendal ke 411 juga diikuti warga binaan dari Lapas Kelas 2A Kendal. Kepala Lapas Kelas 2A Kendal Agus Dwi Setyabudi mengatakan, warga binaannya yang mengikuti lomba merupakaan warga binaan yang sudah assimilasi, yaitu yang masa hukumannya sudah hampir habis. Mereka ikut lomba karena ingin berpartisipasi dan menunjukkan kepada masyarakat, jika mereka mempunyai kepedulian. “Tujuannya untuk mengubah mainset masyarakat, bahwa para napi juga bisa berpartisipasi seperti masyarakat lainnya. Kami mengikutkan dua kelompok,”katanya.

Sementara itu Kepala DPPKAD Kendal, Tavip Purnomo, selaku Ketua Panitia mengatakan, Lomba Panjat Pinang Massal merupakan ide dari Bupati Kendal dr Mirna Annisa. Lomba yang baru pertama kali diadakan oleh Pemkab Kendal ini diikuti 30 grup, yang masing-masing grup terdiri-dari lima orang. “Panitia menyediakan enam pohon, yang masing-masing pohon diperebutkan oleh enam gru. Jadi jumlah pesertanya total 150 orang,”jelasnya.

Tavip mengatakan, panitia menyediakan hadiah untuk masing-masing pohon seniai Rp 4 juta. Hadiah itu berupa sepeda, dispenser, kompor gas, magic com, seterika, kipas angin, jam dinding, sarung, dan lain-lain. “Ada tambahan hadiah berupa tiket pulang-pergi ke Karimunjawa sebanyak lima tiket bagi peserta yang paling cepat sampai puncak mengibarkan bendera.”Katanya .

Loma dibagi dua sesi, yaitu sesi pertama tiap grup diberi waktu tiga menit. Jika sesi pertama belum ada yang berhasil sampai puncak, maka dilancutkan sesi plorotan. Pada sesi kedua ini, tidak dibatasi waktu, tapi jika grup itu melorot, maka ganti grup berikutnya.

Lomba ini bertema “Dengan lomba panjat pinang kita tingkatkan semangat keikhlasan, kerja keras, pantang menyerah, dan gotong-royong guna mewujudkan Kab Kendal Beribadat sebagai Permata Pantura. Tavi mengatakan, tujuan lomba ini untuk
memberikan hiburan yang kreatif dan edukatif serta pelestarian nilai-nilai bangsa. Juga untuk meningkatkan dan mengobarkan semangat kesetiakawanan, persatuan dan kesatuan, semangat kerja keras dan keikhlasan masyarakat di Kab Kendal. “Di dalam lomba panjat pinang itu ada nilai perjuangan, gotong-royong dan semangat untuk meraih tujuan,”katanya.