Panji, Penghuni Lapas Terbuka Bleder Kabur Jelang Berakhirnya Masa Tahanan

0
541

Panji Laksono alias Kecing, penghuni Lapas Terbuka di Bleder Desa Kartika Jaya Kec Patebon Selasa (22/12/2015) kabur dari tahanan.  Panji yang beralamat di Dukuh Sawah Alas Desa Plantaran RT 1 RW 1 Kaliwungu Selatan, hingga Kamis (24/12/2015) sore belum juga kembali.

Kepala Lapas Terbuka Bleder, Sugiyanto mengatakan, sudah melapor ke Polres Kendal. Pihak lapas bersama petugas Polres Kendal masih terus mencarinya, namun belum juga ditemukan keberadaannya. “Akan terus dicari sampai ketemu,”katanya.

Sugiyanto mengatakan, Panji yang mulai menghuni ke Lapas Terbuka Bleder sejak 10 November 2015 merupakan napi pindahan dari Lapas Kelas 2A Kendal sebenarnya tinggal menghitung hari menghirup udara bebas, yaitu 15 Januari 2016. Panji dihukum 8 bulan penjara atas tindakan pecurian. “Dia ditahan karena mencuri laptop dan HP,”katanya.

Panji dipindah dari Lapas Kelas 2A Kendal ke Lapas Terbuka Bleder karena sudah menjalani hukuman dua per tiga dari putusan hukuman. Menurut Sugiyanto, tahanan yang dipindah ke Lapas Terbuka, selain sudah menjalani masa tahanan dua per tiga dari putusan hukuman, juga karena berkelakuan baik. Bahkan untuk bisa dipindah ke Lapas Terbuka sudah melalui pertimbangan yang diputuskan dari Perwakilan Kemenhumham di Jateng.

“Lapas ini kan terbuka, jadi sifatnya hanya pembinaan, bukan pengawasan. Dasarnya hanya kepercayaan,”jelasnya.

Di Lapas Terbuka Bleder hanya dihuni 3 tahanan. Penghuninya merupakan napi yang menjalankan masa assimilasi. Penghuni berada dalam satu rumah tahanan, namun menempati kamar sendiri-sendiri. Sehari-hari, para penghuni beraktivitas mengerjakan lahan kebun di kawasan lapas. “Di sini juga ada pengajian rutin. Jadi, belum tahu alasan kaburnya,”jelasnya. (Ab)