Pasien Covid-19 di Sejumlah Rumah Sakit di Kendal sudah Berkurang

Pasien Covid-19 di Sejumlah Rumah Sakit di Kendal sudah Berkurang

0
37

Swarakendal.com : Pada pekan ini Bed occupancy rate (BOR) untuk pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Kendal sudah menunjukkan penurunan. Demikian pula jumlah pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 juga mengalami penurunan. Sebelum diberlakukannya PPKM Darurat, ruang isolasi Covid-19 di semua rumah sakit di Kabupaten Kendal kondisinya penuh, termasuk ruang IGD.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, berdasarkan laporan dari rumah sakit-rumah sakit di Kendal, rata-rata jumlah pasien di ruang isolasi sudah berkurang, sehingga ada beberapa tempat tidur yang kosong, Walaupun angka BOR menurun, namun untuk kasus harian Covid-19 masih tinggi. “Sudah banyak rumah sakit yang menyampaikan kepada kami, sudah banyak tempat tidur yang kosong, kurang lebih 10 persen. Di RSDC yang ketika sedang ramai-ramainya sampai 40 pasien, tapi sekarang tinggal 10 pasien,” katanya, Sabtu (24/7/2021).

Ferinando mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya agar masyarakat umum bisa mendapatkan kebutuhan oksigen langsung ke perusahaan. Hal ini supaya pasien yang isolasi mandiri di rumah tidak kesulitan jika sewaktu-waktu membutuhkan oksigen. “Kami sedang mengupayakan supaya yang sedang isman itu mudah mendapatkan oksigen, maka kami sedang melakukan pendekatan ke Samator, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang isman untuk bisa melakukan isi ulang gas oksigen,” jelasnya. 


Sementara itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pihaknya terus fokus melakukan percepatan vaksinasi supaya target 70 persen segera tercapai. Selain itu juga terus meningkatkan kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan, terutama menggunakan masker. “Sekarang pandemi sudah menurun di Kabupaten Kendal, dan kami tetap fokus untuk percepatan vaksinasi dan terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, khususnya menggunakan masker,” katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi penerapan PPKM Darurat di Kendal, menunjukkan angka positif rate atau kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kendal mulai menurun.