Pedagang Pasar Weleri Minta Segera Dibangun Kembali Pasar Weleri

Pasar Weleri segera dibangun

0
88
Swarakendal.com : Sejumlah pemuda dari Forum Gerakan Anak Pedagang Pasar Weleri melakukan audiensi dengan Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun di Ruang Serbaguna DPRD Kendal, Kamis (17/11/2022). Mereka menyampaikan tuntutan agar segera dibangun kembali Pasar Weleri yang terbakar di lokasi yang sama dan menolak pembangunan sport center di area Pasar Weleri.
“Kami juga menuntut Pemerintah Kabupaten Kendal  agar mengalokasikan APBD Kendal 2023 untuk membangun kembali Pasar Weleri,”  tegas Fungky Bekti Ari Wibowo, Ketua Forum Gerakan Anak Pedagang Pasar Weleri.
Fungky mengatakan, pihaknya menuntut agar Pasar Weleri segera dibangun kembali, karena sudah dua tahun sejak Pasar Weleri terbakar belum ada kejelasan akan dibangun kembali. Oleh karena itu menjelang APBD Kendal tahun anggaran 2023 ditetapkan, pihaknya mendesak agar dialokasikan anggaran untuk pembangunan Pasar Weleri. “Sudah dua tahun sejak Pasar Weleri terbakar pada bulan November 2020 lalu, nasib para pedagang benar-benar terpuruk, karena belum bisa berjualan di tempat yang layak, sehingga sepi pembeli,” ujarnya.
Anggota Forum, Indra Hermawan mengatakan, pihaknya menolak adanya wacana akan dibangun sport center di area Pasar Weleri. Pasalnya, para pedagang tetap menuntut agar Pasar Weleri dibangun kembali di lokasi semula.  “Kami tetap menuntut supaya Pasar Weleri dibangun seperti semula di lokasi seperti semula dengan model pasar tradisional,” tandasnya.
Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, hingga saat ini pihak dewan belum menerima laporan tentang penganggaran pembangunan Pasar Weleri dari pihak eksekutif, baik di KUA-PPAS maupun RAPBD yang sedang dibahas. Padahal APBD Kendal tahun anggaran 2023 harus sudah ditetapkan paling lambat tanggal 30 November 2022.  “Jika sampai batas waktu terakhir sebelum APBD Kendal 2023 belum memasukkan angka untuk pembangunan Pasar Weleri, maka kami yang akan memasukkan angka itu, sesuai dengan kewenangan kami menggunakan hak budgeting,” jelasnya.
Menurutnya, untuk membangun Pasar Weleri dibutuhkan anggaran sebesar Rp 100 miliar. Namun sesuai dengan kemampuan APBD Kendal 2023, paling tinggi hanya bisa dialokasikan anggaran sebesar Rp 50 miliar. Oleh karena itu untuk penyelesaian pembangunannya bisa dianggarkan kembali tahun berikutnya. “Untuk APBD 2023, kami hanya bisa memasukkan anggaran Rp 50 miliar, yang penting dengan anggaran sebesar itu pasar sudah bisa ditempati pedagang. Penyempurnaan bisa dianggarkan kembali tahun berikutnya,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.