Pelajar SMP Negeri 1 Brangsong Dilatih Penanganan Bencana

SMP Negeri 1 Brangsong pelatihan penanganan bencana

0
54

Swarakendal.com : Ratusan siswa SMP Negeri 1 Brangsong mengikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana  di sekolah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Rabu (23/11/20220.  Pelatihan dilaksanakan di halaman sekolah  dan ruang kelas.

Pada musim hujan biasanya terjadi bencana alam, seperti banjir, longsor dan angin puting beliung. Apalagi sekolah sering  kebanjiran sehingga para siswa perlu pelatihan dalam penanganan bencana.

Kepala SMP Negeri 1 Brangsong, Sri Hardanto mengatakan,  pelatihan ini sangat dibutuhkan para siswa. Pasalnya, penanganan bencana  tidak asal asalan, namun ada ilmunya dan  keterampilan. Oleh karena itu, pihak sekolah mendatangkan tim dari BPBD Kabupaten Kendal untuk melakukan pelatihan cara  menangani  bencana di sekolah.

“Para siswa dilatih ketika terjadi gempa, sehingga harus bagaimana, kemudian juga dilatih cara menolong temanya, ketika terjadi kecelakaan atau tertimpa bencana.  Sehingga  ketika  ada  bencana yang sifatnya  ringan  para siswa  sudah dapat  menangani secara  benar,” jelasnya.

Pembimbing dari  BPBD Kendal, Khaerul Huda mengatakan, para siswa juga dilatih cara mengangkat korban, langkah apa saja yang harus dilakukan. Termasuk cara  membawa tandu atau tempat tidur korban untuk dibawa ke pos kesehatan maupun di bawa ke mobil ambulance. “Diharapkan setelah ada pelatihan, para siswa tidak  bingung ketika menghadapi bencana,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.