Pelatihan Angkatan IV di BLK Disnaker Kendal sudah mulai

Pelatihan keterampilan di BLK Tenaga Kerja Kendal 2017

0
2861
Balai Latihan Kerja (BLK) Kendal Dinas Tenaga Kerja Kendal yang berada di Jalan Soekarno sebelah barat Terminal Bahurekso Weleri di tahun 2017 telah menggelar berbagai pelatihan secara gratis. Pelatihan itu meliputi, menjahit, teknik sepeda motor, teknik elektro, teknik las, pertukangan kayu, audio video, mekanik junior mobil, mekanil junior motor, menjahit pakaian dasar, operator bordir mesin dan juru las SMAW 3G. Program pelatihan berbasis SKKNI, KKNI dan kwirausahaan ini ada yang bersumber dari dana APBD dan APBN tahun anggaran 2017.

Staf BLK Hendro Setyo Utomo mengatakan, pada bulan Juli ini pelaksanaan pelatihan sudah angkatan ke IV, yang dilaksanakan tanggal  18 Juli hingga 22 Agustus, yakni audio video satu paket, mekanim junior mobil satu paket, mekanik junior sepeda motor satu paket, menjahit pakaian dasar tiga paket, operator bordir mesin satu paket dan juru las SMAW 3G satu paket. Pada angkatan ke V yang pelaksanaanya tanggal 5 September hingga 10 Oktober adalah audio video satu paket, mekanik junior mobil satu paket, mekanik junior sepeda motor satu paket, menjahit pakaian dasar dua paket dan juru las SMAW 3G satu paket. Sedangkan pelatihan angkatan ke VI yang dilaksanakan tanggal 24 Oktober hingga 27 November, yakni menjahit pakaian  dasar dua paket, operator bordir mesin dua paket, juru las SMAW 3G satu paket, dan mekanik junior sepeda motor satu paket. “Pesertanya terbatas, yaitu tiap paket /kelas sebanyak 16 orang,” kata Hendro.

Hendro mengatakan untuk lebih memudahkan lulusanya bekerja, BLK Kendal sudah menggandeng beberapa perusahaan yang siap menyerap tenaga kerja. Sehingga, usai tamat mengikuti pelatihan, nantinya lulusan BLK juga mendapatkan kesempatan bekerja di berbagai perusahaan tersebut. Seperti perusahaan yang berada di Kompleks Wijaya Kusuma, yang merupakan perusahaan yang bergelut dalam bidang garmen bernama Bina Busana Internusa, PT Sioeng Semarang dan bengkel milik Yamaha Sakti. Kemudian, BLK juga menjalin kerjasama denga perusahaan yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang ada di Jalur Lingkar Kaliwungu. “Adanya kerjasama itu, sudah banyak lulusan BLK bisa terserap kerja di perusahaan-perusahaan tersebut,”katanya.