Pelatihan Keterampilan untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa

0
9980

Upaya pengentasan kemiskinan tidak selalu berupa bantuan uang atau barang. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemeritahan Desa (Bapermaspemdes) Kendal melakukan program pengentasan kemiskinan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan.

Kasubid Informsi Kemitraan pada Bapermaspemdes Kendal Supriyanto mengatakan, beberapa pelatihan yang sudah dilakukan di tahun 2016 ini yaitu, pelatihan perbengkelan di Weleri dan Plantungan, pelatihan membuat kompos di Pegandon, pelatihan bordir di Gubugsari Pegandon, Ketapang Kendal dan Kalirejo Kangkung, pelatihan rajut di Darupono Kaliwungu Selatan dan Puguh Pegandon. “Pelatihan ini dasarnya adalah permintaan warga melalui proposal yang diajukan oleh pihak desa,”kayanya.

Sedangkan pelatihan yang belum dilakukan yaitu, pelatihan Tataboga di sojomerto dan Triharjo Kec Gemuh, pelatihan pewarnaan batik di Gentan Lor Boja, dan pelatihan akrilik di Sukorejo. Rencanaya akan dilaksanakan setelah Lebaran nanti.

Kepala Bapermaspemdes Kendal Ir Subaedi mengatakan, keterampilan tersebut diharapkan menjadi bekal untuk membuka usaha. Pemantauan akan dilakukan, sehingga peserta pelatihan bisa memanfaatkan keterampilannya secara maksimal. “Harapannya bekal keterampilan yang sudah dimiliki bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha. Kalau sukses kan bisa membuka lowongan kerja juga,”ujarnya.