Pemda Kendal Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama

Pemda Kendal Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama

0
19

Swarakendal.com : Pemerintah Daerah Kendal akhirnya mendapat Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dengan daerah lainnya di Jawa Tengah dari pemerintah pusat yang diikuti dari Ruang Teleconference Kabupaten Kendal pada Rabu (13/10/2021). 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal, Asrifah menjelaskan, pemberian penghargaan ini semestinya dilakukan pada tahun 2020 lalu, karena pemerintah memberikan anugerah ini tiap dua tahun sekali. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, sehingga baru bisa dilakukan tahun ini. “Ini pemberian Anugerah tahun 2020, tetapi diberikan di tahun ini, karena tahun lalu ada pandemi,” jelasnya.

Asrifah mengatakan, diraihnya penghargaan ini berkat komitmen Bupati Kendal dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta pemenuhan kebutuhan anak. Hal ini diwujudkan dalam penganggaran yang sudah sampai di semua kecamatan. Pihak kabupaten dengan kecamatan pun terus bersinergi supaya penganggaran program peduli perempuan dan anak sampai di pemerintah desa. “Untuk desa, kami sudah melakukan sosialisasi sekitar 50 desa, terkait program pembangunan kesetaraan gender dan peduli anak,” katanya.

Beberapa program Pemda Kendal yang menunjukkan kepedulian terhadap perempuan dan anak di antaranya program penanganan stunting, deklarasi desa layak anak, pembangunan beberapa fasilitas untuk pemenuhan kebutuhan anak dan pelatihan-pelatihan. 

Sekretaris Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kendal, Ainur Rofiq mengatakan, dirinya ikut bangga atas diraihnya anugrah tersebut.  Para aktifis perempuan dan anak merasakan ada perubahan signifikan dari Pemda Kendal yang peduli terhadap perempuan dan anak. Perhatikan Pemda Kendal terhadap aktifis pernah diberikan pada tahun 2019 berupa penghargaan Bupati Award kategori wanita handal dan gender champion. “Kemajuan lainnya dari Kabupaten Kendal sekarang ini banyak relawan dan aktifis perempuan dan anak, serta sudah banyak jejaringnya di  20 posko kecamatan,” ujarnya.