Pemdes dan Kelurahan harus Aktif Gerakkan PPKM Mikro di Tingkat RT

PLH Bupati Kendal M Toha bersama Forkopimda Monitoring PPKM Mikro di Desa dan Kelurahan

0
44

PLH Bupati Kendal Moh Toha bersama jajaran Forkopimda Kendal melakukan monitoring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di beberapa desa di Kabupaten Kendal pada Kamis 18 Februari 2021. Kunjungan ini untuk melihat langsung kegiatan PPKM Mikro, termasuk mengecek rumah isolasi mandiri dan fasilitas pendukungnya. 

Salah satu posko PPKM Mikro yang dikunjungi adalah di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal. Lurah Karangsari Gatot Tunggul Wulung mengatakan, selain membentuk kepengurusan posko PPKM Mikro, juga menyediakan rumah isolasi mandiri. Di tiap-tiap RT juga sudah diinstruksikan membentuk posko masing-masing dan mengaktifkan jogo Tonggo. “Kelurahan sudah menyediakan tempat isolasi mandiri, termasuk kebutuhan logistik juga disiapkan,” katanya. 

Terkait dengan pelaksanaan PPKM Mikro, Kepala Desa Sidorejo Kec Brangsong, Edi Kadarisman mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh RT untuk membentuk posko  PPKM Mikro. Pihak desa sendiri pun sudah membentuk pengurus Posko dan menyiapkan rumah isolasi mandiri. “Rumah isolasi mandiri ada 4 kamar, karena menggunakan gedung TPA baru yang belum digunakan,” jelasnya.


PLH Bupati Kendal Moh Toha meminta agar pembentukan posko tidak sekedar formalitas, namun harus benar-benar diberdayakan. Jika ada warga yang positif covid dan rumahnya tidak memadai, maka bisa melakukan isolasi mandiri di tempat yang sudah disediakan. 
“Sejak diberlakukan PPKM, angka meninggal dunia karena covid di Kendal semakin turun. Maka dengan adanya program PPKM mikro ini diharapkan bisa mempercepat penurunan penyebaran virus Corona,” harapnya.