Pemerintah Jamin Harga Gula Pasir segera Normal Kembali, Rp. 12.500/Kg

Menteri Perdagangan kunjungi Pabrik Gula Cepiring

0
551
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparman menjamin harga gula di pasar segera normal kembali, yaitu sebesar Rp. 12.500 per kilogram. Pasalnya pemerintah telah mengatasi bahan baku gula dengan membuka imor bahan baku berupa gula mentah yang akan diproduksi menjadi gula konsumsi di luar musim giling. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan saat meninjau Pabrik Gula Cepiring pada Selasa (7/4/2020). Kunjungannya ke pabrik gula untuk memastikan kesiapan pengolahan dan distribusinya. Kunjungan menteri didampingi Bupati Kendal Mirna Annisa.

Menteri mengatakan, pabrik gula PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring mendapat izin impor gula merah atau raw sugar sebanyak 77.000 ton. Saat ini raw sugar yang sudah masuk sebanyak 20.000 ton. Dalam jangka waktu dua sampai tiga hari ke depan, PT IGN bisa mengolah gula mentah sebanyak 800 ton per hari. Produksi gula dari PT IGN ini untuk memenuhi kebutuhan gula di Jateng, Jatim dan sebagian di Jabar.
“Harga gula konsumsi dari PT IGN sebesar Rp 10.500, sehingga harga di pasar paling tinggi Rp 12.500. Stok gula saat ini dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai lebaran atau sampai Juni mendatang,” jelasnya.
Direktur HRD dan Umum PT IGN, Burhan Murtaqi mengatakan, PT IGN mendapatkan alokasi izin impor gula mentah untuk mendukung pemerintah dalam melakukan stabilisasi harga gula pasir. Pabrik IGN mampu mengolah sekitar 800 ton gula mentah per hari di luar musim giling. Diharapkan dapat segera membantu pemerintah untuk mengatasi kekurangan gula konsumsi di Pulau Jawa dan berbagai daerah di Indonesia. Rencananya produksi gula IGN untuk memenuhi kebutuhan gula di bulan Ramadhan dan Lebaran mendatang.
“Kami berterima kasih dapat dipercaya untuk mendukung program pemerintah dengan diberikannya izin impor gula mentah. Kami dapat mengoptimalkan operasional pabrik tetap dapat berjalan walaupun di luar musim giling, tentunya hal ini juga membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah, mengingat pabrik IGN pernah stop operasional selama lebih dari 3 tahun karena kesulitan bahan baku. Kami akan lakukan yang terbaik,” kata Burhan.